5 Tips Atasi Keringat Penyebab Bau Badan

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Bau badan sering kali diidentikan dengan keringat. Sejatinya, tidak ada yang salah dengan keringat, karena ini merupakan salah satu mekanisme alami tubuh manusia untuk mendinginkan diri dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Jadi, jangan pernah takut berkeringat.

Tapi, bagaimana kalau keringat bikin bau badan?

Ya, kondisi ini memang tidak terelakkan pada banyak orang. Dan tentu saja hal ini membuat kita jadi kurang percaya diri.

Tapi, keringat sesungguhnya tidak berbau. Dilansir dari Mayo Clinic, yang membuat bau badan saat berkeringat adalah bakteri di kulit Anda.

Lalu, bagaimana cara supaya keringat tidak bikin bau badan? Melansir Suara.com, simak 5 tips atasi keringat penyebab bau badan berikut ini:

1. Gunakan sabun antibakteri

Kalau kamu merasa hari ini akan banyak bergerak dan berkeringat, awali haru dengan mandi sebersih mungkin menggunakan sabun antibakteri. Ini semacam persiapan dan antisipasi agar tak ada bakteri di tubuhmu yang nanti akan bercampur dengan keringat.

2. Keringkan tubuh dengan baik setelah mandi

Bakteri akan sulit berkembang biak di kulit yang kering. Jadi, pastikan usai mandi kamu mengeringkan tubuh dengan seksama. Berikan perhatian lebih pada bagian tubuh yang paling sering berkeringat.

Baca juga: Makanan dan Minuman Pengusir Lemas di Siang Hari, Silakan Coba

3. Pastikan kamu memakai pakaian yang bersih

Percuma saja kamu mandi bersih pakai sabun wangi kalau sesudahnya kamu malah mengenakan pakaian yang sudah kamu kenakan dari kemarin karena alasan masih bersih. Padahal, meski tampaknya masih bersih, pakaian yang sudah kamu kenakan itu pastilah sudah terkena keringatmu sebelumnya. Jadi, biasakan selalu memakai pakaian yang bersih setiap harinya, ya.

4. Manfaatkan cuka apel sebelum mandi

Tahu cuka apel? Meski berbau masam, tapi ini ampuh mencegah bau badan, lho. Cobalah cipratkan sedikit cuka apel pada ketiak sebelum mandi. Cuka apel dapat menurunkan level pH kulit sehingga dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di kulitmu.

5. Bawa tisu basah yang mengandung alkohol

Bau badan muncul di tengah-tengah aktivitasmu? Menyemprotkan parfum atau memakai deodoran bukanlah langkah yang bijaksana. Sebaiknya, bersihkan bagian tubuhmu yang berkeringat dengan tisu basah yang mengandung alkohol. Ingat, alkohol bisa membunuh bakteri. Jadi, singkirkan dulu bakteri penyebab bau badannya. [*/try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com