5 Jenis Pisang Paling Populer

Penulis: Redaksi

Padangkita.com – Pisang merupakan buah lokal yang paling populer. Buah yang satu ini memiliki rasa yang manis dan sedikit asam pada beberapa varietas. Selain dijadikan buah konsumsi langsung, pisang juga sering diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti godok pisang, pisang goreng, bolu hingga es krim.

Pisang juga sering digunakan dalam dunia kecantikan. Banyak orang memanfaatkan buah pisang untuk merawat kecantikan tubuh. Pisang juga baik untuk diet karena kandungan nutrisinya yang tinggi namun rendah kalori. Namun tidak semua jenis pisang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Ada beberapa jenis pisang tertentu yang hanya cocok untuk diolah menjadi masakan. Ada juga pisang yang bisa langsung dimakan dan kurang sedap jika diolah. Berikut ini adalah 5 jenis buah pisang yang paling sering dicari dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Pisang Cavendish

Pisang Cavendish
Pisang Cavendish. [Foto: Canva]
Pisang Cavendish adalah buah pisang yang paling populer.  Harga pisang Cavendish juga termasuk tidak terlalu mahal dan terlalu murah. Pisang Cavendish merupakan pisang yang paling sering dijumpai di swalayan. Sebelum supermarket dan swalayan menjual berbagai jenis pisang lainnya, pisang Cavendish lah yang paling banyak dipajang di etalase.

Harga untuk pisang Cavendish bervariasi mulai dibawah 20 ribu an hingga 30 ribu rupiah saja per sisir tergantung dari ukuran dan daerah. Jika membeli secara online Anda bisa mendapatkan di kisaran harga tersebut. Pisang Cavendish ini memiliki rasa yang manis sehingga bisa langsung dimakan.

Pisang Cavendish juga bisa dijadikan sebagai masker untuk merawat kecantikan. Memiliki rasa yang sangat manis dan getah yang sedikit, pisang ini menjadi favorit anak-anak dan para ibu sebagai MPAsi.

Pisang Kepok

Pisang Kepok
Pisang Kepok. [Foto: Canva]
Jenis pisang favorit berikutnya adalah pisang kepok. Pisang ini memiliki harga jual yang lumayan tinggi. Harga pisang Kepok terutama kepok kuning bisa mulai dari 30 ribu rupiah hingga 60 ribu rupiah per sisir. Tapi ini merupakan harga pisang kepok kondisi segar dan layak.

Pisang kepok juga menjadi favorit terutama di bulan Ramadhan. Pisang kepok sangat cocok untuk dijadikan sebagai hidangan takjil seperti kolak pisang, setup, talam, nagasari dan masih banyak lagi. Jadi, meski harganya cukup tinggi banyak orang mencari pisang kepok.

Pisang Tanduk

Pisang Tanduk
Pisang Tanduka. [Foto: Canva]
Pisang tanduk adalah pisang paling populer berikutnya. Pisang tanduk biasanya dijual satuan. Harga pisang Tanduk per buah sekitar 6 ribuan rupiah hingga 10 ribu rupiah. Pisang tanduk biasanya juga diolah menjadi berbagai macam jenis masakan.

Umumnya orang menggunakan pisang tanduk untuk membuat keripik pisang. Namun banyak juga orang yang mengkreasikan pisang tanduk sebagai olahan makanan atau hidangan lainnya.

Pisang Raja

Pisang Raja
Pisang Raja. [Foto: Canva]
Pisang Raja sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Pisang raja termasuk pisang yang bisa digunakan sebagai bahan olahan berbagai macam masakan. Pisang raja biasanya digunakan untuk membuat kolak pisang. Beberapa orang menggoreng pisang raja karena memiliki rasa yang manis.

Hanya saja tidak semua orang suka menggoreng pisang raja karena cenderung lengket saat digoreng. Pisang raja juga enak untuk dikukus atau langsung dimakan saat sudah matang. Ini karena pisang raja memiliki rasa manis.

Pisang Barangan Medan

Pisang Barangan Medan
Pisang Barangan Medan. [Foto: Canva]
Pisang yang satu ini cukup populer akhir – akhir ini. Pisang uang banyak ditemui di daerah Sumatera ini cukup populer. Di tanah Sumatera pisang barangan bahkan dijual dengan harga yang sangat murah. Satu sisir ukuran sedang pisang barangan dengan jumlah 23 hingga 15 buah pisang dijual sekitar 10 hingga 15 ribu saja per sisir.

Baca juga: Pisang Unik Tumbuh di Painan, Ramai Dikunjungi untuk Berfoto

Apalagi untuk pisang barangan dengan kondisi sangat matang biasanya diobral dengan harga 10 ribu untuk 3 sisir. Meski begitu harga pisang barangan Medan didaerah lain cukup tinggi yaitu sekitar 27 ribu rupiah hingga 35 ribu. Pisang barangan memiliki rasa manis dengan getah asam yang samar – samar.

Pisang barangan umumnya dimakan langsung atau dijadikan olahan seperti godog pisang dan pisang karamel atau piscok. Pisang barangan juga dipercaya mampu mengatasi diare. Konon orang percaya bahwa pisang barangan dengan corak bintik hitam yang banyak memiliki rasa yang lebih manis dibanding pisang yang mulus. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist