5 Bahaya Tubuh Kekurangan Vitamin C

Penulis: Sonia

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kualitas hidup yang rendah dan menimbulkan gejala tak menyenangkan di tubuh.

Padangkita.com – Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas. Vitamin C diperlukan untuk menjaga fungsi kerja organ tubuh dan memiliki peran penting untuk kekebalan tubuh.

Namun, vitamin C tidak bertahan lama di dalam sistem tubuh. Jadi, kamu perlu meminumnya dalam jumlah yang tepat setiap hari.

Apa saja tanda kamu kekurangan vitamin C? Berikut Padangkita.com merangkum 5 bahaya jika tubuhmu kekurangan vitamin C.

Baca juga: Berikut Tips Bagi Momy Untuk Melakukan Pemulihan Pasca Melahirkan

Gusi Sering Bengkak dan Berdarah

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan gusi. Jika kamu tidak mendapatkan asupan harian yang tepat, kemungkinan kamu akan menderita radang gusi.

Jika kamu merasa sudah merawat kebersihan gigi dengan baik, tetapi terkadang gusi masih kerap bengkak dan berdarah, cobalah mengonsumsi lebih banyak vitamin C.

Luka Sembuhnya Lama

Jika kamu mengalami memar yang warnanya seperti buah persik, ada kemungkinan kamu kekurangan vitamin C. Untungnya, ini bisa diperbaiki jika kamu makan buah dan sayuran setiap hari.

Selain itu, jika goresan dan lukamu sembuh terlalu lama, maka ini juga merupakan tanda bagimu untuk meningkatkan konsumsi vitamin C. Tubuh membutuhkan vitamin C untuk menghasilkan kolagen (protein perekat yang terdapat dalam tulang dan tulang rawan).

Rambut Gampang Rontok

Berikut empat hal yang harus dihindari agar rambut tidak mudah rontok dan kusam. (Foto: iStockphoto)
Jika kamu mengalami kerontokan pada rambut kepala, kemungkinan kamu kurang mengonsumsi vitamin C dosis harian.

Sebelum menghabiskan banyak uang untuk membeli produk rambut, cobalah mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti brokoli dan kiwi.

Nyeri Sendi Setiap Hari

Nyeri sendi adalah tanda awal yang sangat umum dari kekurangan vitamin C. Karena vitamin C adalah antioksidan yang sangat kuat, kekurangan vitamin C dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan yang membuat sendimu sakit.

Sakit Terus-Menerus

Jika kamu sering terserang flu, pilek, dan infeksi, mungkin kekebalan tubuhmu melemah parah. Vitamin C merangsang produksi sel darah putih, yang melawan penyakit menular dan virus.

Jika kamu terus-menerus sakit, ini berarti respons kekebalanmu lemah dan kamu harus meningkatkannya dengan menaikkan asupan vitamin C. (*/PKT-28)


Baca Info Kesehatan Terbaru Hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist