4 Fakta Tentang Moranbong, Girl Band Korea Utara yang Dibentuk Kim Jong Un

Berita viral terbaru : Berbagai hal mengenai grup Moranbong, asal Korea Utara yang dianggap sering tuai kontroversi.

Padangkita.com –  Korea Selatan dikenal sebagai kiblat girl band maupun boy band di dunia, hingga banyak muncul di negara lainnya. Termasuk di Korea Utara, negara yang terkenal karena otoriter penguasanya serta menuntut warganya untuk disiplin.

Walau banyaknya aturan yang diterapkan hingga menyangkut hal yang bersifat pribadi, akan hukuman berat yang menanti bila tidak menaati aturan.

Namun pemerintah punya cara tersendiri untuk menghadirkan hiburan bagi masyarakatnya.

Kim Jong Un membentuk sebuah girl band dimana anggotanya langsung ia pilih sendiri.

Grup ini bernama Moranbong, kelompok yang juga dikenal sebagai Moran Hill Orchestra ini tahun 2012, dan merupakan kelompok musik wanita pertama di Korea Utara.

Tujuan dibentuknya grup ini menurut media pemerintah ialah upaya modernisasi budaya “muluk-muluk”.

Tidak seperti girl band kebanyakan, kostum yang mereka gunakan bergaya militer yang dimodifikasi.

Tak lupa pertunjukan panggung mewah, dan membawakan lagu-lagu kebangsaan.

Tur internasional pertama Moranbong, direncanakan ke Beijing pada Desember 2015namun dibatalkan karena China keberatan dengan lirik anti-Amerika.

Baca juga: Ini 5 Wanita Cantik Berprofesi Sebagai Mata-mata

Hal dikhawatirkan akan membuat ketegangan antar pihak terkait. Selain itu, bahkan rezim menggunakan mereka sebagai alat diplomasi untuk delegasi Kuba pada September 2015.

Girl band ini pernah muncul pada Februari 2016 untuk merayakan tes rudal Korea Utara. Selain itu, berikut beberapa fakta terkait grup ini.

1. Jumlah anggota grup

Jumlah anggota grup ini tidak diketahui secara pasti, beberapa sumber mengatakan 10, dan yang lain hingga 20. Hal ini terjadi karena adanya pergantian anggota yang tinggi.

Satu hal yang pasti, semua anggota grup memegang posisi di militer senior resmi. Salah satunya Hyon Song Wol, pimpinan Moranbong. Dikabarkan ia merupakan seorang kolonel di Tentara Rakyat Korea Utara.

Sebelumnya Hyon Song Wol dianggap telah membuat skandal adegan dewasa hingga dieksekusi. Namun pada tahun 2014 ia muncul kembali di televisi Korea.

Terpopuler

Add New Playlist