3 Saluran Irigasi di Kota Padang yang Runtuh Segera Diperbaiki

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Tiga saluran atau aliran irigasi di Kota Padang yang runtuh akan diperbaiki secepatnya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat mengungkapkan bendungan aliran irigasi pada ketiga titik ini akan diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Aliran irigasi yang runtuh itu adalah irigasi Lubuk Sarik, Kelurahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan. Di sini terdapat 55 hektare sawah di Kelurahan Baringin yang terdampak.

Lokasi kedua berada di daerah irigasi Pulau Kandang Jawi, yang menyebabkan 40 hektare sawah di sekitarnya ikut terdampak.

Kemudian, irigasi yang berada Sikabu, Kelurahan Teluk Kabung Selatan, Kecamatan Bungus. Sawah yang terdampak lebih kurang 60 hektare.

“Kondisi irigasi yang perlu direhab ada tiga lokasi, dan ini berdasarkan tinjauan kita ke lapangan,” kata Syahrial Kamat, Rabu (6/10/2021).

Syahrial menyebutkan, rehab saluran irigasi sangat dibutuhkan sehingga air dari irigasi tersebut bisa mengalir lancar ke sawah.

“Rehap irigasinya salah satunya dengan memperpanjang saluran irigasi sekitar 200 meter lagi, sehingga air bisa masuk ke sawah,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Syahrial juga akan ada perbaikan sarana dan prasaran pertanian lain menggunakan dana Pokok Pemikiran (Pokir) Anggota DPRD.

“Alhamdulillah, kondisinya sekarang untuk perbaikan sarana prasarana pertanian kita banyak dapat bantuan dana Pokir,” kata Syahrial.

Menurutnya, dana Pokir ini akan dicairkan dalam tiga bulan ke depan untuk keperluan merehab jaringan irigasi tersier kelompok tani.

“Rehab irigasi tersier dengan hibah uang dana Pokir anggota dewan ini dilakukan pada delapan lokasi,” ungkapnya.

Lokasi rehab irigasi tersier ini, yakni di Bungo Pasang, Pasar Ambacang, Sungai Sapih, Kubu Marapalam, Gunung Sarik.

“Pada lima lokasi tersebut total anggaran rehab irigasi tersier sebanyak Rp409 juta,” ungkapnya.

Baca juga: RPH Lubuk Buaya Jadi Tempat Pemotongan Babi, Begini Distribusi Daging Babi di Padang

Kemudian, tiga lokasi lainnya berada di Kuranji dan Limau Manis dengan total anggarannya Rp130 Juta. (*/pkt)

Terpopuler