24 Orang Pemuda Pasbar Ikut SKPP Tingkat Dasar di Bukittinggi

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Sebanyak 24 orang pemuda Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengikuti Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) yang diadakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Kegiatan SKPP itu dilaksanakan di Kota Bukittinggi yang diikuti oleh utusan dari Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat, Bawaslu Kota Padang, dan Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan sejak tanggal 12-14 Oktober 2021.

“Kegiatan SKPP itu telah berlangsung sejak Selasa (12/10/2021) kemarin dan hari ini adalah hari terakhir. Kita dari Pasbar mengutus sebanyak 24 orang peserta,” kata Ketua Bawaslu Pasbar, Emra Patria kepada Padangkita.com, Kamis (14/10/2021) siang.

Ia menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kader pengawas yang secara sukarela berpartisipasi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kegiatan seputar pemilihan umum (Pemilu).

“Harapan kita tentu nanti para lulusan SKPP ini bisa menjadi ujung tombaknya Bawaslu dalam melakukan pengawasan terkait proses pemilu ke depannya, agar terwujudnya pemilu yang bermartabat,” ujarnya.

Emra menambahkan dari hasil SKPP tingkat dasar ini nantinya akan diambil peserta terbaik untuk kemudian kembali mengikuti SKPP tingkat menengah dan selanjutnya sampai ke tingkat atas, di Bawaslu, Jakarta.

“Harapan kita tentu dari Pasbar nanti ada yang terpilih untuk mengikuti SKPP tingkat menengah bahkan sampai ke tingkat atas,” imbuhnya.

Selain itu, para alumni SKPP ini nantinya juga diharapkan membagi ilmu dan pengetahuan yang didapatnya kepada keluarga, teman, tetangga dan juga komunitas masyarakat agar pelanggaran pemilu dapat diminimalisasi untuk masa yang akan datang.

Baca juga: Bawaslu, Awak Media dan Mahasiswa di Pasaman Barat Tandatangani Nota Kesepahaman Pengawasan Pilkada

“Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan ini. Peserta ini merupakan angkatan terakhir se-Indonesia yaitu angkatan 106 dan angkatan ketiga yang dilaksanakan di Provinsi Sumatra Barat. Semoga apa yang menjadi harapan Bawaslu bisa terwujud dan bermanfaat tentunya bagi Kabupaten Pasaman Barat,” pungkasnya. [rom/pkt]

Terpopuler