215 Orang Dai Nagari Dikukuhkan Bupati, Syiar Keagamaan di Pasbar Bakal Lebih Masif

Penulis: Isran Bastian

Simpang Empat, Padangkita.com – Sebanyak 215 orang Dai atau pendakwah nagari (desa) di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dikukuhkan Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, di Aula kantor bupati setempat, Kamis (7/4/2022). Dirinya berharap ratusan pendakwah dapat aktif mengadakan kegiatan keagamaan di wilayah kerjanya masing-masing.

“Saya juga berharap Dai nagari ini mengaktifkan kembali wirid remaja yang ada di setiap masjid, begitu juga dengan kegiatan didikan Subuh di setiap masjid,” ujarnya.

Hamsuardi menegaskan bahwa Dai nagari memiliki tugas yang mulia dan juga berat, karena di pundak dai nagari, ada tugas untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat.

Selain itu, ia juga berharap agar para dai nagari ini ikut menyemarakkan program Pemerintah Daerah tentang magrib mengaji. Tujuannya agar semua masyarakat Pasbar mengaji, paling tidak sekali dalam satu hari.

“Kita berharap keberkahan Allah selalu tercurah untuk Bumi Mekar Tuah Basamo,” kata Hamsuardi.

Dai nagari lanjutnya, tugasnya tidak nampak seperti profesi yang lainnya, namun bisa berefek besar bagi kemajuan umat manusia. Bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta mengimbau masyarakat untuk menjauhi kemungkaran.

“Salah satu tugas kita bersama adalah untuk memberikan perlindungan kepada generasi muda terutama anak perempuan. Anak perempuan harus kita lindungi, jangan sampai terjerumus kepada kemaksiatan. Kita juga selalu gencarkan razia terhadap tempat maksiat yang melibatkan perempuan,” tegasnya.

Sebab, lanjut Hamsuardi meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat itu tidak mudah. Lebih mudah melakukan pembangunan fisik dari pada melakukan pembangunan mental.

“Membangun mental inilah yang sulit. Untuk itu, mari bersama kita lakukan demi kemajuan masyarakat Pasbar kedepan yang beriman dan bertaqwa,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda Pasbar, Hartasani mengatakan bahwa pengukuhan Dai nagari bertujuan untuk memberikan legalitas yang kuat kepada Dai nagari sehingga tugas yang diembannya bisa berjalan dengan baik. Dai nagari yang dikukuhkan berjumlah total 215 orang dan itu masih kurang tiga orang lagi.

Baca Juga: BPBD Sumbar Terima 25 Ton Beras Bantuan dari Muba, Besok Disalurkan ke  Pasaman dan Pasaman Barat

“Kekurangan Dai nagari ini nanti akan kita ditindaklanjuti segera, agar tugas dan fungsinya ditengah masyarakat bisa segera dilaksanakan,” pungkas Hartasani. [rom/isr]

Terpopuler

Add New Playlist