20 Anak Pariaman Penerima Beasiswa Saga Saja Berangkat Kuliah ke Jawa, Rp2 Miliar Digelontorkan

Penulis: Isran Bastian

Pariaman, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelontorkan Rp2 miliar lebih untuk 20 anak yang lulus di perguruan tinggi terbaik di Indonesia melalui Program ‘SagaSaja’ (Satu Keluarga Satu Sarjana).

Saga Saja adalah program beasiswa dari Pemko Pariaman untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu. Mereka yang terpilih akan dibiayai hingga tamat kuliah.

“Kita bukan Pemda yang banyak uang, tetapi kita punya semangat yang tinggi untuk mewujudkan pendidikan yang mumpuni untuk anak-anak kita yang kurang beruntung secara materi. Dan, kita yakin, dengan upaya kita bersama, kita dapat mencerdaskan kehidupan bangsa yang dimulai dari daerah,” ujar Wali Kota Pariaman, Genius Umar ketika melepas 20 anak penerima beasiswa Saga Saja, di Balaikota Pariaman, Jumat (29/7/2022).

Genius Umar menjelaskan, 20 anak yang terpilih menerima beasiswa Saga Saja tersebut akan kuliah di Universitas Indonesia atau UI (Jakarta) 10 orang, di Tel-U atau Telkom University (Bandung) 8 orang, di IPB atau Institute Pertanian Bogor (Bogor) 2 orang.

“Kami berharap, anak-anak ini dapat menempuh pendidikan tinggi yang terbaik di Indonesia, karena tanggung jawab pemerintah adalah untuk mewujudkan hal tersebut. Dan, kami harap, setelah lulus nanti, anak-anak ini dapat memperbaiki kehidupan kelurganya lepas dari kemiskinan,” ungkap Genius.

Lebih lanjut ia menuturkan, Pemko Pariaman membayar penuh seluruh biaya selama mereka kuliah sampai tamat, dan juga memberikan uang saku yang akan ditransfer setiap bulannya sebesar Rp1 juta kepada setiap anak.

“Untuk UI, uang semester Rp10 juta ditambah uang pembangunan Rp11,5 juta dan asrama Rp4 juta. Semuanya 10 orang, total Rp1.195.000.000, Tel-U, uang semester Rp7,5 juta ditambah uang asrama Rp5 juta, untuk 8 orang. Total Rp808.000.000. IPB, uang semester Rp6 juta untuk 2 orang total Rp144.000.000, sehingga total yang akan kita bayarkan untuk 20 orang ini sebesar Rp2.147.000.000,” terangnya.

Genius juga berpesan kepada mahasiswa penerima Saga Saja untuk dapat belajar dengan sungguh-sungguh, dan yakinkan diri untuk dapat menjadi yang terbaik.

“Jangan mau kalah dengan orang yang berasal dari kota besar, walaupun kita berasal dari daerah. Karena dengan semangat dan keyakinan, kami percaya bahwa anak-anak Kota Pariaman dapat sukses dan membantu keluarganya nanti,” ujar Genius menyemangati.

Genius menyebutkan Program Saga Saja di-back up Baznas Kota Pariaman, dan bantuan dari perantau.

“Kita juga membuka bagi siapa saja, mulai dari pejabat dan pengusaha serta PKDP (organisasi perantau) untuk dapat mendukung program ini. Karena ini merupakan tugas kita bersama. Bahkan Bus yang membawa mereka inipun, merupakan bantuan secara gratis dari pengusaha Bus Pariwisata Rayhan dari Jakarta. Ini menunjukan kekompakan dari kita semua untuk mewujudkan mimpi anak-anak ini, kuliah di perguruan tinggi terbaik di indonesia,” ungkap Genius.

Baca Juga: 54 Pelajar Kota Pariaman Lulus Beasiswa Saga Saja Tahap I, Kuota Berkemungkinan Ditambah 

Hadir dalam acara ini, Ketua Baznas Kota Pariaman Zalman Zaunit, Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Lucyanel Genius, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman Kanderi, serta para Kepala Sekolah dan orang tua serta kerabat 20 anak yang akan berangkat kuliah ke Pulai Jawa ini. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist