16 April Semua Perbaikan Jalan Tol Trans Sumatra Beres, Tanpa Rusak dan Lubang

Penulis: Redaksi

Lampung, Padangkita.com  Kabar baik bagi pemudik yang akan menggunakan jalan tol menuju Sumatra. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), telah memastikan semua jalan tol mulai dari wilayah Banten, Lampung hingga Palembang dalam kondisi siap digunakan.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Triono Junoasmono mengatakan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) khususnya ruas Lampung hingga Palembang siap digunakan pemudik saat arus mudik Lebaran 2022 nanti.

Menurut dia, semua ruas jalan tol telah dilakukan perbaikan di beberapa titik dari Lampung hingga Palembang maupun pelebaran ruas jalan di wilayah Banten.

“Sesuai instruksi Bapak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bahwa pada H-15 Lebaran nanti pada 16 April 2022 untuk perbaikan ruas jalan sudah dihentikan, diharapkan tidak ada lubang, kerusakan jalan dan kegiatan rekonstruksi sehingga dapat digunakan bagi pemudik,” ujar Triono, saat mendampingi Kunker Spesifik Komisi V DPR RI, Kamis (7/4/2022) lalu.

Triono menambahkan, menjelang Lebaran 2022, Menteri PUPR akan melakukan pengecekan langsung ke lapangan untuk memastikan perbaikan berjalan dengan baik untuk siap digunakan pada arus mudik dan balik Lebaran nanti. Khususnya pada perbaikan ruas Lampung hingga Palembang yang harus tuntas pada 15 April 2022 mendatang.

Untuk memastikan persiapan infratsruktur transportasi, Komisi V DPR RI melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik. Rombongan Komisi V dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi V DPR-RI Andi Iwan Darmawan Aras beserta jajaran Anggota Komisi V DPR RI.

Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan Pemerintah telah memperbolehkan pelonggaran pelaksanaan mudik Lebaran 2022 dengan syarat telah melaksanakan vaksin pertama, kedua dan booster.

“Sehingga ini akan menjadi suatu kemungkinan pada pelaksanaan mudik tahun ini terdapat lonjakan pemudik khususnya dalam simpul transportasi darat, laut, maupun udara yakni Jalan Tol, Pelabuhan, dan Bandara Udara baik dari Pulau Sumatea dan menuju Pulau Jawa,” ujar Andi.

Dalam arahannya Andi mengatakan, para stakeholder yang mengelola transportasi darat, udara, maupun laut harus dapat mengantisipasi kepadatan pemudik dan menjamin keselamatan dan keamanan penumpang, dan yang terpenting protokol kesehatan di lapangan untuk menghindari lonjakan kasus baru Covid-19 pascamudik Lebaran nanti.

“Perlu diperhatikan lonjakan pengunjung di lokasi wisata, ketersediaan stok BBM, kesiapan sarana dan prasarana Rest Area bagi pemudik yang menggunakan jalan tol, serta kesiapan personil disetiap posko layanan yang berjaga,” katanya.

Sebagai informasi Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar memiliki total panjang (140,41 km), Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189,40 km), dan Jalan Tol Kayu Agung – Palembang – Betung ruas Kayu Agung – Kramasan (37,62 km).

Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) sendiri memiliki 17 Rest Area Tipe A, dan 4 Rest Area Tipe B dan telah mengantisipasi titik kemacetan kendaraan, peningkatan layanan transaksi, peningkatan layanan informasi, traffic management, peningkatan layanan TI/TIP, penyekatan di gerbang tol, dan posko mudik bersama.

Baca juga: Yang Mudik ke Sumatra jangan Lupa Istirahat, Catat Dulu Daftar Rest Area di Jalan Tol Kebanggaan 

Sementara di wilayah Banten, juga telah dilakukan duplikasi pelebaran Jembatan Ciujung ruas Tol Tangerang – Merak yang juga siap digunakan untuk mendukung arua mudik Lebaran 2022 mendatang. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist