Polda Sumbar Pastikan Isu Tentang OTT KPK di Sumbar Tadi Malam Adalah Hoaks

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) memastikan isu tentang adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tadi malam, Selasa (24/8/2021), tidak benar alias hoaks.

“Informasi itu tidak benar, tidak ada itu (OTT),” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto dihubungi Padangkita.com melalui telepon selularnya, Rabu pagi.

Sebelumnya, beredar isu bahwa KPK melakukan OTT di Sumbar. Isu itu malah dimuat dalam berita pendek (breakingnews) sebuah media online, sehingga makin membuat heboh. Sebab, yang di-OTT KPK disebut adalah salah seorang pejabat Sumbar.

Ada pula isu yang beredar, usai menangkap pejabat itu, tim KPK memeriksanya di Mapolda Sumbar. Sontak isu itu langsung membuat heboh. Bukan saja di kalangan pejabat, namun juga terutama di kalangan jurnalis.

Tim Padangkita.com tadi malam juga turut memantau situasi di Mapolda Sumbar hingga pukul 23.30 WIB namun tidak ada tanda-tandaa adanya OTT KPK.

Menurut Satake, pihaknya akan menelusuri asal usul informasi tersebut. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dewan Pers bagaimana tindakan selanjutnya.

Ia menyebutkan, penyebar isu yang membuat gaduh ini dapat saja ditindak jika ada yang melapor. Namun, pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan Dewan Pers dulu.

Baca juga: Ada Kabar OTT KPK di Sumbar Malam Ini?

“Saya berharap kepada para media agar menjaring lagi informasi-informasi yang didapat. Harus dikonfirmasi lagi. Tidak main buat saja, sehingga terjadi keresahan seperti ini,” imbau Satake. [mfz/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist