131.077 Wisatawan Banjiri Tanah Datar Selama Lebaran

Penulis: Isran Bastian

Batusangkar, Padangkita.com – Sebanyak 131.077 wisatawan tercatat mengunjungi destinasi unggulan wisata di Kabupaten Tanah Datar selama libur Idul Fitri 1443 Hijriah/2022. Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar mengungkapkan, data itu terhitung sejak hari pertama sampai kemarin, Minggu (8/5/2022).

Kepala Dinas Parpora Hendri Agung Indrianto mengatakan, total jumlah kunjungan wisatawan itu mengunjungi destinasi wisata unggulan yang dikelola pemerintah daerah diantaranya, Istano Basa Pagaruyung, Lembah Anai, Tanjung Mutiara di Kawasan Danau Singkarak, Panorama Puncak Pato,Panorama Aua Sarumpun, Panorama Tabek Patah, Rumah Pohon, Aia Angek Padang Gantiang, Batu Angkek-angkek, dan Nagari Tuo Pariangan.

“Objek wisata Istano Basa Pagaruyung masih menjadi lokasi favorit wisatawan yang tercatat total sebanyak 59.074 pengunjung. Sedangkan puncak kunjungan di semua destinasi tercatat pada kamis 5 mei 2022 dengan total kunjungan 20.686 kunjungan,” katanya pada Padangkita.com, Senin (9/5/2022).

Dikatakan Agung, melihat antusias kunjungan wisatawan diharapkan mendukung penguatan kepariwisataan di Tanah Datar sehingga berdampak juga terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bidang pariwisata.

Hal sama disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra saat apel bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) pasca liburan, ia mengatakan, sektor pariwisata merupakan salah satu program unggulan Tanah Datar.

“Tanah Datar tidak memiliki potensi tambang besar, karena itu sektor Pariwisata menjadi andalan kita, tentu kita terus berupaya meningkatkan kunjungan sehingga berdampak pada pendapatan daerah serta ekonomi masyarakat,” katanya.

Bersama Dinas Pariwisata, pihaknya terus memantau dan mendatangi objek-objek wisata dalam rangka memastikan kenyamanan pengunjung dan kebersihan di lokasi tersebut.

Baca Juga: Berkah Lebaran, Wisatawan Kota Pariaman Naik 100 Persen dari Tahun Lalu

“Kita ingin kunjungan wisata di Tanah Datar ini ramai dikunjungi seperti libur kemarin, tapi tidak pada libur saja, tiap harinya juga seperti itu,” tukas Eka. [djp/isr]

Terpopuler

Add New Playlist