13 Tenaga Medis Positif Covid-19, RSUD Padang Panjang Ditutup

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (SUmbar) Irwan Prayitno mengatakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang terpaksa ditutup. Hal ini dilakukan setelah 13 tenaga medis yang bekerja di tempat tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Pihak rumah sakit menjelaskan 13 tenaga medis tersebut sebelumnya pernah kontak dengan NS, 29 tahun pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. NS sempat menjalani perawatan di RSUD Padang Panjang sebelum dirawat di RSUP M Djamil Padang.

“RSUD Padang Panjang ditutup sementara. Jadi isinya yang 13 itu saja. Pasien non covid-19 dipulangkan,” kata Irwan Prayitno, Jumat (1/5/2020).

Irwan menambahkan ada kemungkinan jumlah positif akan bertambah karena sejak kemarin sampai hari ini sekitar 100 orang telah dilakukan uji swab.

“Padang Panjang ada 100 lebih kita swab, Kemungkinan akan nambah lagi,” ujarnya.

Baca juga: 13 Tenaga Medis RSUD Padang Panjang Positif Covid-19

Dengan jumlah langsung meningkat tajam ini, RSUD Padang Panjang langsung menjadi klaster baru penularan covid-19 di Sumbar.

Gubernur menambahkan 13 orang tenaga medis meliputi dokter,perawat hingga cleaning service di RSUD Padang Panjang dinyatakan positif covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang Nuryanuwar mengatakan 13 tenaga medis saat ini dikarantina di RSUD Padang Panjang sejak hasil swab laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dikeluarkan.

“Mereka dikarantina dan tidak boleh pulang ke rumah,” katanya dilansir dari laman Kominfo Padang Panjang, Jumat (1/5/2020).

Ia menambahkan sebelumnya sebanyak 70 tenaga medis dites swab karena berdasarkan hasil trakcing pernah kontak dengan NS.

Dari 70 tenaga medis yang diperiksa sebanyak 13 dinyatakan positif Covid-19 tanpa gejala.

Sementara itu, Direktur RSUD Padang Panjang dr. Ardoni mengatakan setelah hasil swab keluar, tenaga medis yang pernah kontak dengan NS dan keluarga sudah dilakukan karantina. Lokasi karantina telah disiapkan oleh Pemko Padang Panjang.

Ia juga mengatakan petugas lain yang pernah kontak dengan 13 tenaga medis yang positif Covid-19 ini juga akan dilakukan isolasi.

“Petugas kesehatan lain yang pernah kontak dengan 13 orang ini juga akan dilakukan isolasi,” katanya. [abe]


Baca berita Padang Panjang di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist