10 Cara Kelola Stres Akibat Pandemi

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Sudah lebih dari 10 bulan sejak pandemi Covid-19 pertama kali diumumkan menginfeksi masyarakat Indonesia. Selama kurun waktu tersebut, berbagai pembatasan harus dilakukan guna menekan penyebaran virus.

Kerumunan dilarang, bepergian dibatasi, bekerja dan belajar dari rumah serta berbagai aturan lainnya yang mengikat gerak masyarakat.

Hal ini tentu berdampak pada kesehatan mental masyarakat, salah satu mengakibatkan stres. Kondisi ini membuat kita menyadari pentingnya mengelola stres di tengah pandemi.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memberikan tips mengelola stres yang hadir akibat pandemi covid-19 yang bisa anda terapkan.

Berikut 10 cara kelola stres akibat pandemi Covid-19:

Baca juga: Jubir Satgas Covid-19 Bagi Resep Komprehensif Terhindar Covid-19

1. Ikuti hanya informasi akurat tentang Covid-19 dan batasi mengonsumsi pemberitaan terkait penyakit yang diakibatkan virus tersebut.

Membatasi membaca berita dan hanya mengikuti berita yang akurat akan berpengaruh pada kecemasan yang mungkin membuat anda stres.

Cerdas memilih informasi juga sebagai upaya untuk menghindari membaca informasi-informasi palsu atau hoax yang berseliweran di media massa.

2. Jaga pola makan, tidur yang cukup dan lakukan olahraga setiap hari.

Selain menjaga kondisi tubuh tetap fit, tiga hal tersebut juga terbukti ampuh membantu anda mengelola stres yang timbul akibat pandemi.

3. Lakukan kegiatan yang disuka.

Alihan pikiran anda saat mulai jenuh dengan berbagai pembatasan di tengah pandemi agar tidak stres. Lakukan berbagai kegiatan yang disukai dari rumah.

4. Berbincang dengan teman atau keluarga

Sisihkan 5 menit waktu anda setiap harinya untuk mengobrol dengan teman atau keluarga tentang perasaan yang dialami.

5. Berbicara dengan atasan atau kolega, terutama jika khawatir tentang kegiatan dalam respons Covid-19.

6. Adakan dan Jalankan rutinitas harian

7. Minimalkan penggunaan alkohol, obat-obatan, kafein atau nikotin.

8. Buat daftar singkat keberhasilan dan hal-hal yang disyukuri setiap harinya.

9. Pahami secara realistis bahwa ada hal yang bisa kita kendalikan dan ada yang tidak.

10. Coba kegiatan bersantai

Anda bisa coba bernapas dengan perlahan, meregangkan otot, menari, berdoa, melakukan yoga, dan kegiatan yang membuat tenang lainnya. [try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist