1 Unit Rumah Warga di Pasar Batusangkar Terbakar

Penulis: Agg
|
Editor: Zulfikar

Batusangkar, Padangkita.com – Satu unit rumah warga yang berada di Pasar Batusangkar tepatnya di Jorong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum hangus terbakar, Jumat (13/11/2020) sekitar pukul 09.30 WIB.

Kejadian itu sontak membuat warga sekitar terkejut, teriak kebakaran saling bersahutan di sekitar lokasi, dan kerumunan warga segera menuju tempat kejadian.

Baca Juga

Pantauan Padangkita.com, dari kejauhan terlihat asap hitam membubung ke udara, warga terlihat semakin buncah.

Sebagian warga terlihat berlarian ke lokasi untuk ikut membantu memadamkan api yang membakar rumah yang diketahui milik Rihana, 65 tahun itu.

Sebagian warga juga ada yang melihat dari kejauhan sambil mendokumentasikan dengan smartphone mereka untuk mengambil foto dan video.

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Tanah Datar, Yusnen menyebutkan, data sementara, kebakaran itu berasal dari api tungku di dapur, saat itu pemilik rumah juga diketahui tengah memasak.

“Korban ini bekerja sebagai pedagang makanan. Dugaan sementara api berasal dari bagian dapur, korban saat itu sedang memasak makanan untuk dagangannya,” ujar Yusnen kepada Padangkita.com, Jumat (13/11/2020).

Untuk memadamkan api, kata Yusnen, diterjunkan sebanyak lima unit Mobil Pemadam Kebakaran, yaitu tiga unit dari Batusangkar, satu unit dari Salimpaung dan satu unit lagi dari Kota Padang Panjang.

Kemudian, terkait kendala untuk memadamkan api, jelas Yusnen, karena lokasi kebakaran berada di kawasan pasar, sehingga petugas kesulitan untuk memadamkan api.

Selain itu, aktivitas para pedagang yang baru membuka lapak juga sedikit menghambat petugas untuk sampai ke lokasi kejadian.

“Lokasinya ini berdekatan dengan kawasan pasar, apalagi para pedagang baru saja membuka lapak mereka. Tapi, hal itu bisa cepat kita atasi,” paparnya.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Api baru bisa dipadamkan setelah petugas berjibaku selama dua jam, api juga tidak merembet ke bangunan lain. “Kalau untuk kerugian, ditaksir mencapai Rp400 juta lebih. Korban jiwa tidak ada,” ucapnya.

Baca juga: Kebakaran Hebat di Parik Rantang Payakumbuh, 2 Rumah Jadi Abu

Terkait adanya kejadian itu, Yusnen mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hari terhadap ancaman bencana alam, terlebih kebakaran.

“Saat ini sudah masuk musim el nino dan la nina. Makanya, mari kita bersama-sama meningkatkan kewaspadaan,” katanya. [zfk]


Baca berita Tanah Datar terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler