Kebakaran Hebat di Parik Rantang Payakumbuh, 2 Rumah Jadi Abu

Payakumbuh, Padangkita.com – Kebakaran hebat terjadi di Kelurahan Parik Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Sabtu (17/10/2020) siang sekitar pukul 12.05 WIB. Kebakaran ini menghanguskan dua rumah yang berada di Belakang Simpang Batirai, tepatnya di RW 4 Parik Rantang.

Kepala Satpol PP Damkar Payakumbuh, Devitra mengatakan, dua rumah yang terbakar di Parik Rantang itu merupakan rumah keluarga pedagang soto di Pasar Payakumbuh. “Kedua rumah itu milik Gusnifa, 41 tahun, istri pemilik Soto Yas,” kata dia.

Baca Juga

Devitra menyebutkan, dari dua rumah yang terbakar di Parik Rantang ini, satu rumah dihuni oleh keluarga Gusnifa. Sedangkan satu lagi dikontrakkan kepada warga lainnya. Kedua rumah yang terbakar ini sama-sama rumah kayu, tetapi sudah berlantai semen.

“Informasi sementara, asal api diduga muncul dari rumah yang dikontrakkan oleh pemiliknya. Namun demikian, penyebab kebakaran ini, masih dalam penyelidikan pihak berwajib,” kata Devitra.

Dia menyebut, untuk memadamkan api yang menghanguskan dua rumah di Parik Rantang ini, pemadam kebakaran Payakumbuh dibantu pemadam kebakaran Limapuluh Kota dan masyarakat sekitar. Proses pemadaman api berlangsung di tengah cuaca yang cukup terik.

“Ada tujuh unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi. Empat mobil pemadam kebakaran Payakumbuh dan tiga mobil pemadam kebakaran Limapuluh Kota. Namun, saat petugas datang, api sudah membesar,” kata Devitra.

Satpol PP Damkar Payakumbuh mencatat, ada 2 keluarga dengan 6 jiwa yang terdampak akibat kebakaran ini. Mereka, untuk sementara tinggal di rumah keluarga, dekat rumah yang terbakar itu.

Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda bersama Dinas Sosial dan BPBD juga datang ke lokasi kebakaran di Parik Rantang. Menyusul kedatangan Rida Ananda, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz juga terpantau datang ke lokasi bersama Devitra.

“Sesuai koordinasi dengan Pak Wawako dan Pak Sekda, untuk sementara korban kebakaran akan diberi bantuan tanggap darurat dari Dinas Sosial. Bantuan tanggap darurat ini untuk kebutuhan dasar,” ulas Devitra.

Baca Juga: Polres Payakumbuh Sosialisasikan Perkap Pengendalian Gratifikasi ke Seluruh Jajaran

Baik penyebab maupun kerugian kibat kebakaran tersebut belum diketahui pasti. Beruntung tidak ada korban jiwa atau luka dalam bencana kali ini. [pkt]


Baca berita Payakumbuh terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler