Warga Antusias Ikuti Jalan Sehat BUMN Hadir Untuk Negeri

Jalan sehat (Foto: panitia BUMN hadir untuk negeri)

Padangkita.com – Ribuan warga Kota Padang, begitu antusias mengikuti kegiatan jalan sehat yang merupakan rangkaian program Badan Usah Milik Negara (BUMN) hadir untuk negeri serta momentum memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia ke-72.

Warga yang mengambil kesempatan untuk bergabung pada jalan sehat, Minggu (13/8/2017) pagi itu dari berbagai latar belakang golongan yang berbaur dalam satu momentum.

Penyelenggara menyediakan kaos dan topi serta aneka kuliner, juga akan disuguhkan hiburan dan beragam hadiah menarik dengan grandprize berupa 1 (satu) unit sepeda motor sport untuk peserta.

Kegiatan yang dibuka langsung Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan Jasa survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo, Dirut Asuransi Jasindo Solihah dan Direktur Pindad dan Direktur ASDP.

“Kita bangga dengan kinerja BUMN selama ini yang berbuat banyak bagi masyarakat, kali ini mereka ikut menjaga kesehatan masyarakat dengan menggelar jalan sehat,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai pembukaan di pantai Padang.

Menurut dia, jalan sehat yang dipusatkan di Pantai Muaro Lasak ini akan berdampak luas terutama untuk menjalin silaturahmi serta memperkuat rasa nasionalisme.

“Ini merupakan kegiatan positif yang dilakukan oleh sejumlah BUMN untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 72. Dalam mengisi kemerdekaan ini peran BUMN juga sangat besar terhadap Sumbar terutama dalam bidang pembangunan,” katanya.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan Jasa survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari kementerian pusat untuk menciptakan kehadiran BUMN bagi negeri.

Kegiatan ini juga dilakukan serentak di wilayah Indonesia dan puncaknya nanti pada peringatan HUT Kemerdekaan RI akan dilakukan upacara serentak se-Indonesia oleh seluruh BUMN.

Ia mengatakan program BUMN sejauh ini sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satunya adalah pertukaran pelajar antar provinsi agar mereka dapat mempelajari keanekaragaman budaya bangsa.

Tahun ini ada 23 siswa Sumbar yang mengikuti program ini yakni mereka menetap di Yogjakarta selama sekitar sepuluh hari.

Ia menyebutkan pogram ini sudah berjalan selama tiga tahun terakhir, siswa yang terpilih adalah mereka yang berprestasi dan memiliki kemauan untuk mencintai negeri ini.

“Para siswa tersebut nantinya juga akan diproyeksikan bekerja sebagai pegawai BUMN, karena mereka memiliki kemampuan yang bagus,” kata dia.

Sebelumnya Direktur Utama Jasindo Solihah menyampaikan, berbagai kegiatan selama BUMN Hadir Untuk Negeri di Sumbar, selain jalan sehat,  pasar murah kebutuhan pokok di antaranya 10 kg beras, 2 kg gula 2 liter minyak goreng dengan harga Rp25.000 per paket.

Penggelaran pasar murah akan berlangsung di lapangan Korem 032/WRB pada Sabtu (12/8) dimulai pada pukul 08.00 Wib hingga selesai.

“Kita juga ada rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Yogyakarta sebanyak 23 orang sudah mengikuti beberapa rangkaian program selama di Sumbar, begitu sebaliknya siswa Sumbar di Yogyakarta,”katanya.

Kegiatan para SMN Yogyakarta di Sumbar antar lain, mengunjungi obyek wisata Lobang Jepang di Bukittinggi, Rumah Kelahiran Bung Hatta, kunjungan ke obyek wisata Harau, belajar kesenian dan budaya Minang di Limapuluh Kota dan menanam padi di sawah warga.

BAGIKAN