Tips Berwirausaha Ala Alex Ong Miliarder Asal Malaysia

Padangkita.com – Ketua Pengarah Malindo MBCC Dato’ Sri Prof. Dr. Alex Ong memberikan beberapa tips berwirausaha bagi para mahasiswa di Padang. Malindo MBCC adalah sebuah organisasi bersama Malaysia dan Indonesia yang bertujuan mengeratkan hubungan baik di antara keduanya melalui aktiviti budaya dan ekonomi.

Dalam penyampaian materinya, Alex Ong mengatakan, untuk berwirausaha Anda harus menguasai minimal empat bahasa. Menguasai bahasa penting sebab bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Jika ingin bersaing dengan wirausahawan lainnya, kata Alex Ong, kuncinya ialah menguasai bahasa.

Alex Ong menambahkan, Anda minimal mampu berbicara sepuluh hal dengan bahasa tersebut. Ia mencontohnya seperti apa kabar, sudah makan, serta apa yang bisa saya bantu dan lainnya.

Dalam berwirausaha, kata Alex Ong, harus pantang menyerah, jika mengalami kegagalan harus bangkit, jika gagal lagi bangkit lagi hingga akhirnya usaha tersebut membuahkan hasil dan kesuksesan.

“Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas.  Bukanlah keikhasan jika masih merasakan sakit,” ujarnya pada kuliah umum yang berlangsung di Auditorium UNP, Jumat (14/09/2018).

Menurut Alex Ong dalam berwirausaha harus memiliki keyakinan bahwa bisnis yang dijalankan akan sukses. Peluang untuk sukses juga diberikan kepada orang yang mau belajar serta bersedia bersabar.

“Selalu ada harapan bagi mereka yang sering berdoa.  Selalu ada jalan bagi mereka yang selalu berusaha,” ungkap narasumber yang mengawali materi dengan bernyanyi nyanyian mandarin, Indonesia, dan India.

Jika tersandung dengan modal, kata Alex Ong, modal dapat ditemukan di lingkungan sekitar. Caranya dengan berbuat kebajikan, membantu orang yang membutuhkan pertolongan, dan menjalin kerja sama.

“Kebajikan tersebut menjadi saham bagi Anda,” ujar usahawan yang telah memiliki 12.000 karyawan ini.

Baca juga:
Kota Padang Rayakan Hari Koperasi Ke 71 dengan Meriah