Padang Pariaman Bangun Gedung Diklat LAN di Tarok City

Bupati Padang pariaman, Ali Mukhni saat menanda tangani MoU pembangunan Gedung LAN RI di Padang, Sumatera barat. (Foto: humas Pemprov)

Padangkita.com – Gedung Diklat Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia (RI) direncanakan akan dibangun di Kabupaten Padang Pariaman. Hal ini berdasarkan Memorandum of Understanding (MoU) yang dialkukan pemkab setempat dengan LAN RI.

Kepala LAN Ady Suryanto mengatakan pemkab Padang Pariaman mampu menyediakan lahan seluas 100 hektar dan lahan tersebut dalam status clear dan clean.

“Awalnya akan dibangun di Sumatera Utara dengan lahan 20 hektar. Tapi Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni mampu menyediakan lahan seluas 100 hektar,” katanya kepada wartawan.

Gedung LAN itu sendiri rencananya akan dibangun di Tarok City, Nagari Kapalo Hilalang, Kec. 2×11 Kayu Tanam. Menurutnya, lokasi pembangunan gedung LAN berada di tempat yang strategis.

“Berhawa sejuk dan tidak jauh dari jalan nasional Padang-Bukittinggi. Jarak tempuh dari Bandara hanya sekitar 30 menit. Cocok menjadi pusat Diklat Aparatur se-Indoensia,” jelasnya.

“Tak ada keraguan lagi. Insya Allah, Gedung Diklat LAN kita bangun di Tarok City. Kita sudah mulai proses perencanaannya dan sekarang cek lapangan,” tambahnya.

Adapun dana pembangunan gedung diklat LAN RI ini diperkirakan menelan biaya hingga Rp100 milyar.

sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengapresiasi Bupati Ali Mukhni yang sukses memajukan daerah melalui infrastruktur skala nasional dan internasional alam kurun waktu lima tahun terakhir.

Saat ini Kawasan Tarok City dipersiapkan sebagai lokasi kawasan terpadu yaitu Pendidikan, Kesehatan dan Perkantoran.

Menurut Irwan, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni bisa dijadikan contoh bagi kepala daerah yang lain.

“Beliau ini selalu berinovasi membangun daerah dan meningkatkan pelayanan publik,” kata Gubernur Irwan Prayitno.

Dia menambahkan, kepiawaiannya dalam pembebasan lahan dan turun langsung dalam penyelesaian masalah menjadi prestasi yang layak dibanggakan oleh masyarakat Sumbar, khususnya Padang Pariaman.

Mendengar pujian Gubernur tersebut Bupati Ali Mukhni mengatakan bahwa resep ampuh membangun daerah menjaga keharmonisan dengan Pemerintah Propinsi.

Baca juga:
BPBD Padang Uji Coba Aktivasi Sirene Bencana 2 Kali Sebulan