Kemenkeu Buka Lowongan CPNS untuk 2.880 Formasi

Ilustrasi ASN (Foto: Setkab.go.id)

Padangkita.com – Kementrain keuangan (Kemenkeu) membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 2.880 formasi di 87 jabatan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Hadiyanto mengatakan pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui laman http://ssc.bkn.go.id mulai 11 September hingga 25 September 2017.

“Pendaftaran dimulai pada 11 September hingga 25 September 2017 melalui online,” katanya, Kamis (07/09/2017).

Hadiyanto yang juga menjabat selaku Ketua Panitia Rekrutmen CPNS Kemenkeu menyebutkan, para pelamar yang diterima akan ditempatkan di unit-unit kerja Kemenkau, yaitu Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktoran Jenderal
Bea dan Cukai (DJBC) dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK).

Selain itu juga akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko (DJPPR), Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

“Ada 87 jabatan yang menyediakan 2.880 formasi untuk rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan tahun 2017 ini. Selain untuk pelamar umum, formasi ini juga disediakan untuk lulusan terbaik (cumlaude), disabilitas, dan putra-putri Papua dan Papua Barat,” jelasnya.

Adapun kualikasi pendidikan calon yang dibutuhkan mulai dari diploma tiga (DIII) hingga Strata Satu (S1) dari berbagai macam bidang, di antaranya Manajemen Akuntasi, Teknik Informatikan, Akuntansi, Perpajakan, Manajemen, Ilmu Komunikasi, Tehnik Kimia, Farmasi, Statistik, Ilmu Hukum, Psikologi, Perpustakaan, Ekonomi, Bahasa Inggris, hingga Tehnik Pertambangan.

Jabatan yang paling banyak menyediakan lowongan untuk rekrutmen kali ini adalah Pengelola Data Pelayanan Perpajakan sebanyak sebanyak 545 formasi CPNS, Pengolah Data Penagihan Pajak 398 formasi, Pengolah Data Pemeriksaan Pajak 325 Formasi, dan Pengelola Teknologi Informasi sebanyak 315 formasi.

Ketua Pansel Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan2017 Hadiyanto menjelaskan, bahwa lokasi pelaksanaan rekrutmen untuk semua jurusan akan dilakukan di 6 (enam) kota, yaitu: Medan, Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan, Makassar, dan Jayapura.

“Pelamat dapat melihat pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada tanggal 3 Oktober melalui portal Kementerian Keuangan www.kemenkeu.go.id atau http://rekrutmen.kemenkeu.go.id ,” jelas Hadiyanto.

Ditegaskan Hadiyanto, bahwa pendaftaran dan seluruh proses seleksi penerimaan CPNS di Kementerian Keuangan ini tidak dipungut biaya.

Baca juga:
Pelamar CPNS di MA dan Kemenkumham Tembus 1 Juta Orang

“Pengumuman setiap tahapan tes ditayangkan secara online dan dapat dilihat pada Kementerian Keuangan www.kemenkeu.go.id atau http://rekrutmen.kemenkeu.go.id,” pungkas Hadiyanto seperti dilansir dari setkab.