Kemen-PU Lanjutkan Pembangunan Jalan Bungus-Mandeh Tahun Ini

Jalan Mandeh – Bungus. Sumber: www.pesisirselatankab.go.id

Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengungkapkan, Kementerian Pekerjaan Umum di 2018 melanjutkan pembangunan jalan Bungus-Mendeh.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Era Sukma Munaf menyampaikan, guna mewujudkan pembangunan itu, pihak kementerian telah mengalokasikan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun ini Rp170 miliar.

“Nanti dalam pengerjaannya dibagi dalam tiga paket kegiatan. Itu termasuk satu untuk pembangunan jembatan,” ungkapnya di Painan, Minggu (25/3).

Ketiga paket itu antara lain Mandeh I yang dimulai dari Mandeh ke Tarusan. Kemudian Mandeh II dari Bungus Teluk Kabung, (Kota Padang) sampai Mandeh.

Sedangkan satu paket lainnya adalah pembangunan jembatan. Hingga kini, lanjutnya, progres kegiatan telah sampai pada tahap pembebasan lahan.

Pembebasan lahan dilakulan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan.

“Bahkan sebagian besar pembebasan lahan telah tuntas. Kalau masih ada yang tercecer, tentu akan segera diselesaikan,'” jelas dia.

Saat ini, ia menambahkan, ruas jalan Bungus-Mandeh dari Tarusan menuju Mandeh yang telah terkerjakan telah mencapai 8 Kilometer.

Secara keseluruhan, total panjang ruas jalan tersebut mencapai 42 Kilometer.

Rencana pembangunan tersebut telah diwacanakan Presiden Joko Widodo meresmikan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh pada 2015.

“Pengembangan infrastruktur di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh merupakan salah satu proyek strategis nasional,” imbuhnya.