Kebakaran Hutan di Gunung Talang Mulai Reda

Kondisi sisi utara Gunung Talang, Jumat (02/01/2018) pagi. (Foto: Seprius)

Padangkita.com – Kebakaran hutan di Gunung Talang, Kabupaten Solok sejak kemarin, Kamis (01/02/2018), dilaporkan mulai mereda. Berdasarkan laporan yang dihimpun oleh Pemantau Gunung Talang PVMGB Saprius, Jumat (02/02/2018) pagi, di beberapa titik api sudah tidak terlihat.

“Kondisi terkini di sisi utara sudah tidak tampak api. Dari selatan info dari anggota BPBD, cuma asap. Dari arah timur, info dari masyarakat ada asap sedikit,” kata Saprius saat dihubungi Padangkita.com, Jumat (02/02/2018) pagi.

Informasi tersebut dibenarkan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Sawir. Dari tinjauannya pagi ini, kondisi kebakaran sudah mereda.

“Di sebelah selatan memang terlihat ada asap. Kita akan melakukan cek ke lapangan untuk memastikannya,” ujarnya.

Sawir menambahkan, pihak sedang melakukan pengecekan lebih lanjut ke lapangan bersama Pemantau Gunung Talang, Tagana, Damkar, dan Karang Taruna GarudaTaruna Nagari Talang.

Sebelumnya, kebakaran hutan melanda kawasan puncak Gunung Talang, Kabupaten Solok, Kamis (02/01/2018). Titik api yang awalnya berada di puncak sempat meluas ke lereng selatan dan timur.

“Titik awal api di puncak, sekarang sudah menyebar ke lereng selatan dan timur,” ujar Saprius kemarin.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan Bencana dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rumainur mengatakan kawasan hutan yang terbakar berada di kawasan hutan semak belukar. Daerah tersebut menurutnya sangat berpotensi terbakar apalagi di musim panas saat ini.

Menurutnya api baru diketahui pada pukul 13.00 WIB. Untuk upaya pencegahan kemungkinan besar akan dilakukan upaya sekat bakar. Langkah ini dilakukan agar kebakaran tidak meluas ke wilayah lain seperti pemukiman penduduk dan pertanian warga.

 

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menduga kebakaran yang terjadi di Hutan Gunung Talang kemarin, Kamis (02/01/2018), diakibatkan oleh kemarau. Berdasarkan yang terlihat dari pantauan satelit, kata Irwan, beberapa titik di Sumbar berwarna merah.

“Memang kondisi Sumbar saat ini sedang kemarau di beberapa titik atau zona yang terlihat di satelit berwarna merah, terjadi kebakaran. Ternyata di Gunung Talang cukup meluas, Kamis (02/01/2018) malam.