Ini Dugaan Penyebab Ambruknya Jembatan Sikabu Lubuk Alung

Jembatan Sikabu, Lubuak Aluang yang ambruk. (Foto: Istimewa)

Padangkita.com – Ambruknya jembatan Sikabu, Lubuak Aluang, Kabupaten Padangpariaman, Senin (14/8/2017) sore, diduga kuat karena truk terus menjejali fisiknya yang sudah lapuk

“Jembatan Sikabu ambruk, inilah yang kita takutkan dan akhirnya terjadi juga. Akibat truk bermuatan pasir dan batu lalu lalang tiap harinya dari pagi sampai malam di jembatan lapuk ini akhirnya jembatannya ambruk,” ujar Ritno Kurniawan, salah seorang pemuda di Lubuak Aluang yang sering lewat jembatan tersebut.

Menurutnya, gejala kerusakan sudah sejak lama, sekitar 10 tahun terakhir.

“Parahnya tahun 2012. Tapi jembatan yang berlubang dan yang rusak bukan diperbaiki, malah di tambah timbunan pasir oleh pmilik truk. Tentu tambah berat,” tandasnya.

Sementara pengamat kebencanaan Ade Edward menilai ambruknya jembatan tersebut karena kerusakan struktur akibat kelebihan beban yang sudah berlangsung sejak lama.

Anggota Damkar UPT Wilayah II Lubuak Aluang Budy Sukmadianto mengatakan, ambruknya jembatan tersebut menyebabkan lima orang menjadi korban.

Saat ini, jelasnya, dua orang diantaranya dirujuk ke RSUP M Djamil Padang. Satu orang ke RSUD Parit Malintang dan 2 lagi masih di Puskesmas Lubuk Alung.

“Kondisinya luka-luka,” tukasnya.