Harga Listrik, BBM dan Gas Dipastikan Tidak Naik

Menteri ESDM, Jonan (Foto; Humas)

Padangkita.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan kembali hingga 3 bulan ke depan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan gas elpiji tidak akan naik. Sedangkan untuk listrik tidak akan anik hingga akhir tahun 2017.

“BBM dan gas elpiji tidak naik dalam 3 bulan ke depan, sedanglistrik tidak akan naik hingga kahir tahun ini,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Menurutnya, hal ini merupakan arahan dari presiden Joko Widodo setelah mempertimbangkan sejumlah faktor-faktor yang ada.

“Pemerintah tidak akan menaikan harga BBM karena memperkirakan akan ada tren penurunan harga minyak dunia,” tambahnya lagi.

Menurut Jonan harga minya dunia di Nymex bisa tembus keharga 42 dolar karena pada Minggu lalu Nymex itu masih 45-46 dolar. Sedangkan Brent harganya 44 dolar sedangkan minggu lagi masih 47 dolar atau 48.

Demikian juga dengan harga gas elpiji 3 kilo yang disubsidi pemerintah, dia pastikan tidak akan menaikan harga gas elpiji tersebut.

“Harga gas 3 kilo tetap Rp13.500. Harga tersebut berlaku hingga 30 September 2017 mendatang,” jelas Jonan.

Sedangkan untuk tarif listrik, Jonan menjelaskan pemerintah telah menetapkan tidak ada kenaikan tarif atau pun penyesuaian tarif untuk golongan manapun juga.

“kalau bisa tarif listrik turun,” tambahnya.

Tarif listrik, menurut Jonan, tidak akan naik mulai 1 Juli 2017 sampai 31 Desember 2017 mendatang, seperti dilansir setkab.

Baca juga:
Wagub: Ranah Minang Kehilangan Tokoh Adat Teladan