Bupati Pessel: Perencanaan Pendidikan Harus Jangka Panjang

Bupati Pessel Hendrajoni meninjau objek wisata Pantai Carocok (Foto: pesisirselatankab.go.id)

Padangkita.com – Proses pendidikan dan pembinaan karakter bagi para siswa atau peserta didik di Kabupaten Pesisir Selatan tidak boleh berhenti, meski para siswa sudah menamatkan jenjang pendidikan di bangku sekolah.

Namun, proses pendidikan harus terus berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi, hingga benar-benar mencapai tujuan dari pendidikan itu sendiri.

“Artinya, saya menginginkan kita semua mengkaji, bagaimana cita – cita pendidikan itu benar – benar terwujud. Mulai dari perencanaanya, ini harus dapat di formulasikan secara jangka panjang,” kata Bupati Pessel Hendrajoni, dikutip dari pesisirselatankab, Rabu (28/03/2018).

Saat ini, kata dia, pendidikan di kabupaten Pesisir selatan masih di bawah standar.

Oleh sebab itu, ia mengajak seluruh unsur, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ke depan dapat membuat formulasi serta perencanaan program pendidikan untuk jangka panjang.

Pemerintah daerah, lanjutnya, ke depan membutuhkan kajian – kajian serta evaluasi untuk bagaimana menciptakan terobosan di bidang pendidikan, untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia(IPM).

Di samping itu, ia mengajak seluruh insan peserta didik menyadari arti pentingnya pendidikan untuk kelangsungan kehidupan.

Karena, kualitas hidup yang sebenarnya tidak hanya sebatas sampai dimana kita berhasil berusaha menggapai cita – cita dan kebutuhan materil, tetapi bagaimana anak didik mampu mempergunakan dan berfungsi menciptakan generasi terdidik bagi pembangunan daerah,” pungkasnya.