BPBD Pessel Imbau Pengendara Waspada Pohon Tumbang dan Longsor Saat Hujan

(Foto : sumbarprov.go.id)

Padangkita.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan menghimbau kepada warga, khususnya para pengendara yang sedang melintasi jalur Padang-Bengkulu agar lebih waspada menyikapi perubahan cuaca buruk yang melanda daerah tersebut.

Kepala BPBD Pessel Herman Budiarto mengatakan, potensi bencana alam seperti jalan longsor, terban dan banjir bisa terjadi kapan saja di daerah itu. Sebab kata dia, Pessel termasuk daerah rawan bencana alam.

“Benar, sebagian besar wilayah kita di Pessel memang sangat rawan bencana. Dan itu bisa terjadi kapan saja,” katanya dikutip dari pesisirselatankab, Selasa (27/03/2018).

Menurutnya, wilayah rawan bencana seperti tanah longsor dan banjir, meliputi Kecamatan Koto XI Tarusan, Batang Kapas, Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir, Pancung Soal Basa Ampek Balai Tapan dan Silaut.

“Jadi, kita harapkan bagi pengendara yang melintasi wilayah perbukitan saat terjadi hujan deras, alangkah baiknya berhenti dulu atau menjauhi wilayah yang berpotensi terjadinya bencana,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, sesuai peringatan dini BMKG Ketaping (Minang Kabau), cuaca Sumatera Barat (Sumbar) tanggal 26 Maret 2018 hingga pukul 23.00 WIB, masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai angin kencang dan petir/kilat, seperti diwilayah Kepulauan Mentawai (Siberut), Pasaman Barat, Agam, Bukit Tinggi, 50 Kota, Payakumbuh, Kabupaten/Kota Solok, Padang Panjang, Kabupaten/Kota Pariaman, Kota Padang, Pesisir Selatan (Tarusan, Bayang, Painan, Surantih, Lengayang, Ranah Pesisir), Pulau Punjung, Solok Selatan, serta dapat meluas ke wilayah Dharmasraya dan sekitarnya.

“Selain banjir dan longsor, kita juga menghimbau kepada warga khususnya pengendara agar mewaspadai pohon tumbang dipinggir jalan. Sebab, hal seperti ini bisa mencegah terjadinya korban jiwa,” harapnya.

Baca juga:
Soal Larangan Bercadar di Kampus IAIN Bukittinggi, Ini Kata Menteri Agama