Banjir Landa 3 Daerah di Sumbar, Jembatan Rusak dan Puluhan Rumah Terendam

Jembatan rusak akibat banjir yang melanda Kabupaten Sijunjung, Selasa (28/03/2017) (Foto: BPBD)

PadangKita – Hujan lebat yang mengguyur sejumlah wilayah di Sumatera Barat sejak sore kemarin (Senin, 27/03/2017) hingga Selasa pagi (28/03/2017) menyebabkan banjir.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik ( Kabid KL ) Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Provinsi Sumatera Barat, Pagar Negara, banjir terjadi di 3 kabupaten Kota yaitu Kabupaten Solok, Kabupaten Sinjunjung dan Kota Solok.

“Di Kota Solok banjir melanda dua kecamatan yaitu Lubuk Sikarah dan Tanjung Harapan. Di Kabupaten Solok banjir terjadi di Kecamatan Kubung dan Bukit Sundi,” katanya, Selasa (28/3/2017).

Baca Juga: 309 Rumah di Sumatera Barat Terkena Dampak Banjir

Di dua kecamatan di Kota Solok, Pagar Negara menyebut banjir terdampak ke daerah Koto Panjang, Kampai Tabu Karambia dan Tanah Garam. Sementara di dua kecamatan Kabupaten Solok, banjir terdampak ke daerah Koto Baru, Selayo dan Muaro Paneh.

Rumah rusak akibat banjir yang terjadi di Kabupaten Sijunjung, Selasa (28/03/2017) (foto: BPBD Sijunjung)

Belum ada laporan dampak kerusakan atau korban jiwa akibat banjir yang terjadi di Kabupaten dan Kota Solok tersebut.

Dampak bencana cukup besar terjadi di Kabupaten Sijunjung. Dalam laporannya, Kabid KL BPBD Sumbar menyebut satu jembatan rusak berat, satu rumah hancur, puluhan rumah terendam, satu ekor kerbau dan dua ekor kambing milik warga mati, selain itu banjir juga merendam puluhan hektar sawah.

Belum bisa dipastikan kerugian materil akibat banjir yang terjadi di 3 Kabupaten dan Kota itu. (Aidil Sikumbang/Arif)

Baca juga:
Sistem Peringatan Dini Longsor Berbasis Masyarakat Dari Indonesia Jadi Standar Internasional