250 Ribu Warga Kota Padang Akan Ikuti Simulasi Bencana Hadapi Gempa 9.2 SR

Padangkita.com – Stakeholder kebencanaan Kota Padang mematangkan persiapan simulasi bencana serentak yang akan diadakan pada 26 April 2019 mendatang. Simulasi tersebut akan melibatkan sekira 250 ribu warga Kota Padang.

Sekretaris BPBD Kota Padang, Hendra Mardi, menjelaskan, untuk mewujudkan Kota Padang sebagai kota cerdas bencana, perlu dilakukan simulasi bencana serentak tersebut. Dan akan menerapkan rencana kontijensi yang sudah disusun dengan skenario gempa 9,2 SR.

“Lebih baik siap tapi tidak terjadi bencana, daripada tidak siap tapi terjadi bencana”, ujar Hendra dikutip dari humas, Jumat (02/112018).

Lebih lanjut dikatakan, untuk kegiatan simulasi bencana juga perlu disiapkan jalur evakuasi di beberapa lokasi, seperti di objek wisata Air Manis dan di daerah Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Dengan cara membuka jalan setapak menuju shelter alam di perbukitan.

“Jalur evakuasi akan dibuat melalui Manunggal TNI bekerjasama dengan Kodim 0312 Padang. Nantinya, jalan tersebut akan berguna bagi masyarakat setempat dan para wisatawan,” tutur Hendra

Baca juga:
Gempabumi Solok Dipicu Sesar Aktif Sumatera Segmen Sumani