Yudesri Jadi Pelaksana Harian Bupati Pasbar, Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih 25 Februari Secara Virtual

Penulis: Ahmad Romi

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Yudesri ditunjuk sebagai Pelaksana Harian atau Plh Bupati hingga pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih dilantik

Simpang Empat, Padangkita.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Yudesri bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) koordinasi lewat video conference dengan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin (15/2/2021).

Pada kesempatan itu, Yudesri ditunjuk sebagai Pelaksana Harian atau Plh Bupati hingga pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih dilantik.

“Karena masa jabatan Bupati periode 2016-2021 akan berakhir pada 17 Februari 2021 besok, maka Sekda ditunjuk selaku Pelaksana Harian (Plh) Bupati sampai Bupati dan Wakil Bupati terpilih nantinya dilantik,” kata Yudesri kepada Padangkita.com, Selasa (16/2/2021) pagi di Simpang Empat.

Ia menyampaikan, untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 25 atau 26 Februari 2021, secara virtual.

“Besok tanggal 17 Februari 2021, Bapak Bupati akan menyelesaikan masa pengabdiannya yang ditandai dengan penyerahan memori kepada Sekda sebagai Pelaksana Pemerintahan yang akan disaksikan oleh unsur Forkopimda,” lanjutnya.

Selanjutnya, ketika pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih dilaksanakan, maka Plh Bupati akan menyerahkan memori penyelenggaraan pemerintahan kepada bupati yang telah dilantik.

“Untuk petunjuk teknis (juknis) pelantikan virtual akan segera disampaikan oleh Kemendagri kepada Pemerintah Kabupaten. Tujuan pelantikan secara virtual adalah untuk menghindari keramaian atau kerumunan masyarakat yang ingin menyaksikan,” ujar Yudesri.

Baca Juga: 6 Tahun Rusak Parah, Jalan di Rimbo Janduang Pasaman Barat Tak Kunjung Diperbaiki

Hal itu menurutnya dilakukan karena pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan sesuai anjuran pemerintah untuk bersama-sama mencegah terjadinya klaster baru Covid-19. [pkt]


Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist