Wisata Halal di Pesisir Selatan Tinggal Jalan, Sudah Ada Perda Provinsi yang Mengatur

Penulis: Redaksi

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Kadispora Pessel, Hadi Susilo menyatakan kesiapan soal penerapan pariwisata halal di daerah itu.

Painan, Padangkita.com – Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Hadi Susilo menyatakan kesiapan soal penerapan pariwisata halal di daerah itu.

Hadi mengatakan masjid terapung yang berada di kawasan Pantai Carocok Painan adalah salah satu bagian fasilitas yang dapat menunjang penerapan wisata halal.

Selain sebagai tempat sarana ibadah yang nyaman, wisatawan yang berkunjung juga akan dikesankan dengan sesuatu hal yang baru. Ditambah lagi dengan arsitektur dan posisi masjid terapung yang sangat ikonis dan unik.

Selain itu, dari sisi penyiapan amenitas juga bakal memperkuat keyakinan untuk kesiapan menuju wisata halal.
“Insya Allah kita tentu siap, karena pada intinya penerapan konsep wisata halal merupakan optimalisasi dari penerapan ajaran dan nilai nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Hadi kepada Padangkita.com, Sabtu (6/2/2021) di Painan.

Sebelumnya Ketua MUI Kabupaten Pesisir Selatan, Asli Sa’an mengatakan untuk mendukung penerapan penyelenggaraan pariwisata halal di Pessel, maka perlu membuat Perda yang baru.

Ia meminta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) agar dapat berperan mewujudkan hal itu. Bahkan MUI Pessel juga siap duduk bersama untuk membahas dan mengkaji bersama terkait penyelenggaraan wisata halal.

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Rektor UIN IB Padang apresiasi bangunan Masjid Terapung Samudra Ilahi Pessel.
Master plan Masjid Terapung Samudra Ilahi Pesisir Selatan. [Foto: Ist]
Namun, kata Hadi Susilo, Perda tentang penyelenggaraan pariwisata halal sudah ada dan telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar (Sumbar) melalui Perda Nomor 1 Tahun 2020.

“Untuk saat ini Pemprov Sumbar tengah menyosialisasikan kepada seluruh jajaran di kabupaten dan kota. Pessel tentunya akan ambil bagian untuk penerapan perda tersebut di destinasi kita,” terang Hadi.

Lebih lanjut, Hadi menjelaskan Perda tersebut dimaksudkan agar di destinasi wisata tersedia seperangkat layanan tambahan bagi wisatawan muslim agar bisa berwisata dengan nyaman dan tetap bisa menjalankan kewajiban beribadah, mendapatkan akses untuk kuliner yang higienis dan halal, serta jasa pariwisata lainnya.

“Intinya dengan adanya masjid terapung, maka objek wisata Pantai Carocok Painan siap menjadi destinasi pariwisata halal di Sumatra Barat,” ujarnya.

Baca juga: Sejumlah Pulau di Pesisir Selatan Bakal Jadi Wisata Premium

Diketahui, saat peresmian Masjid Terapung Samudra Ilahi pada Jumat (5/2/2021), Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menyatakan selain sebagai tempat ibadah, masjid tersebut juga bakal dijadikan sebagai pusat informasi dan kajian sejarah kebudayaan Islam di Pessel. [nik/pkt]


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist