Waspada! BMKG Ungkap Cuaca Ekstrem di Sumbar Tahun Ini Paling Parah

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Cuaca ekstrem berupa hujan disertai angin kencang masih terus melanda Kota Padang.

Padang, Padangkita.com – Cuaca ekstrem berupa hujan disertai angin kencang masih terus melanda Kota Padang dan sebagian wilayah Sumatra Barat (Sumbar).

Selain pohon tumbang menimpa bangunan dan kendaraan, menutup badan jalan serta memutus jaringan listrik, angin kencang juga secara langsung merusak bagian atap rumah.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sakimin mengungkap fenomena angin kencang terjadi sejak Rabu (31/3/2021) di kawasan Kota Padang dan sejumlah kawasan pesisir barat Sumatra Barat (Sumbar).

Sakimin mengatakan, fenomena angin kencang dan cuaca ekstrem seperti ini terjadi setiap tahun. Hanya saja, kata Sakimin, tahun lalu tidak separah ini.

“Ini merupakan siklus dampak dari gerak semu matahari, posisi lagi di Equator, ada gelombang Rossby itu. Gelombang atmosfer itu yang menjalar ke arah barat, sehingga angin ketarik ke daerah bertekanan rendah, yang banyak kena itu pesisir barat karena berhadapan langsung dengan Samudra Hindia di sisi barat,” katanya kepada Padangkita.com via telepon, Sabtu (3/4/2021).

Pada bulan Maret setiap tahun, kata Sakimin, biasanya akan selalu terjadi fenomena angin kencang dan cuaca ekstrem, lantaran posisi matahari berada di Equator (Garis Khatulistiwa).

“Hanya saja ini agak kencang karena ada beberapa titik yang ada pohon tumbang,” ujarnya.

Dari laporan yang diterima pihaknya, kejadian angin kencang yang terparah justru terjadi pada Kamis (1/4/2021) hingga Jumat (2/4/2021).

“Karena ada beberapa lokasi pohon tumbang, dimana kecepatan angin sampe 33 knots kecepatannya, kalau hari ini yang tercatat 24 knots,” jelasnya.

Terpopuler