Warga Solok Selatan Temukan Jejak Harimau Sumatra di Ladang, Ini Tindakan BKSDA Sumbar

Penulis: Redaksi

Padang Aro, Padangkita.com – Masyarakat Kampung Jawa, Jorong Bukit Gompong, Nagari Koto Gadang, Solok Selatan dihebohkan dengan penemuan jejak Harimau Sumatra (Panthera tigris Sumatra).

Foto-foto jejak harimau tersebut pertama kali diunggah Rozy Phalanta lewat akun facebook miliknya.

“Untuk masyarakat yang berladang di Kampung Jawa Jorong Bukit Gompong Nagari Koto Gadang guguk untuk berhati-hati karna telah ditemukan jejak harimau,” tulis Rozy

Dalam unggah tersebut dirinya juga membagikan foto dua ekor anjing yang diduga mati karena diserang harimau.

Sementara itu Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat Ardi Andono membenarkan telah menerima informasi tersebut dan saat ini pihaknya telah menurunkan tim ke lokasi.

“Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) BKSDA Sumbar sudah di lokasi bersama masyarakat sejak kemarin. Saat ini kita lakukan identifikasi,” terangnya Rabu (25/1/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, sesuai SOP pihaknya tengah melakukan identifikasi jejak dan pemetaan serta sosialisasi apa saja yang harus dilakukan warga.

“Tim juga akan memasang kamera trap serta melakukan ronda bersama masyarakat untuk menghalau harimau tersebut dengan bunyi meriam,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk sementara jangan ke ladang sendirian hingga benar-benar dipastikan aman.

“Bagi yang ke ladang kita sarankan dari jam 07.00 WIB sampai jam 15.00 WIB saja, jangan sampai gelap atau malam. Selain itu kita arahkan warga jangan meninggalkan ternak maupun anjing di dalam kebun karena dapat memancing harimau,” sambungnya.

Baca JugaBKSDA Sumbar Evakuasi Petugas yang Terjebak di Tower Setelah dengar Suara Harimau

Pihaknya juga meminta masyarakat memasang lampu lentera atau api agar harimau menjauh dari ladang atau perkebunan. [hdp]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist