Berita

Warga Sawahlunto Temukan Granat Nanas, Tim Jihandak Gegana Polda Sumbar Lakukan Pemusnahan

×

Warga Sawahlunto Temukan Granat Nanas, Tim Jihandak Gegana Polda Sumbar Lakukan Pemusnahan

Sebarkan artikel ini

Sawahlunto, Padangkita.comKapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti, memimpin pemusnahan granat nanas yang ditemukan di Dusun Sungai Loban Desa Muaro Kalaban Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto, Rabu (22/11/2023).

Pemusnahan granat nanas tersebut dilakukan oleh Tim Jihandak Gegana Polda Sumbar Unit II Subden I Gegana Brimob Polda Sumbar di Lapangan tembak belakang Mako Polres Sawahlunto.

Kapolres Sawahlunto mengatakan, granat nanas tersebut ditemukan oleh warga bernama Lazuardi pada Selasa (21/11/2023) sekitar pukul 11.00 WIB.

Lazuardi saat itu sedang buang air besar di lurah ceret Dusun Sungai Loban Desa Muaro Kalaban.

“Setelah menemukan granat nanas, Lazuardi langsung membawanya pulang dan menceritakan kepada mertuanya. Sang mertua kemudian menghubungi Polsek Muaro Kalaban,” kata Kapolres.

Mendapat laporan tersebut, personel Polsek Muaro Kalaban langsung mendatangi TKP dan mengamankan granat nanas tersebut di halaman rumah Lazuardi.

Polisi juga memasang garis polisi di sekitar lokasi. Kapolres kemudian menghubungi Komandan Brimob Polda Sumbar untuk meminta bantuan Tim Jihandak.

Tim Jihandak tiba di TKP pada Selasa malam dan mengevakuasi granat nanas tersebut ke Mako Polres Sawahlunto untuk diamankan. Pemusnahan granat nanas tersebut dilakukan dengan cara diledakkan.

Kapolres mengimbau kepada masyarakat agar tidak menyentuh benda yang menyerupai bom atau granat apabila menemukannya. Segera laporkan kepada pihak kepolisian terdekat.

Baca Juga: Polres Sawahlunto Gelar Tes Psikologi Bagi Calon Pemegang Senpi Dinas

“Jangan menyentuh sesuatu yang mirip bom atau granat sebelum aparat berwenang melakukan pemeriksaan dan mendatangi lokasi dimana benda itu ditemukan karena rawan meledak,” tegas Kapolres. [*/hdp]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News