Warga Kota Sawahlunto Diminta Siap Hadapi Transformasi Digital

Penulis: Redaksi

Sawahlunto, Padangkita.com — Dalam koridor pendidikan, teknologi digital sangat penting dipahami baik oleh tenaga pendidik, anak didik maupun orang tua. Warga Kota Sawahlunto diminta bersiap menghadapi era transformasi digital.

Hal itu disampaikan Sekretaris PGRI Sawahlunto, Irmayulis saat menjadi pemateri webinar Kementerian Kominfo RI, Senin (6/9/2021).

“Generasi yang lahir di era digital lebih memahami tentang dunia digital dibanding para orang tua,” katanya.

Irma menjelaskan permasalahan literasi digital di dunia pendidikan adalah pengetahuan yang masih minim tapi ingin langsung menggunakannya.

“Maka disarankan untuk update ilmu teknologi secara berkelanjutan, pelajari fitur-fitur yang ada, manfaatkan digital sesuai kemampuan,” katanya.

Baca juga: Anda Pecinta Belanja Online? Simak Dulu Langkah Aman Berikut Ini

Dr Ahmad Sakiyuddin selaku Ketua Umum PERHUMANI, menyebut kecanggihan teknologi tidak menghilangkan niat jahat orang-orang dengan memanfaatkan digital platform.

“Contohnya adalah Hacking yaitu peretasan sebuah website dan akun, dimana kadangkala para hacker mengancam akan menyebarkan data penting dari akun yang diretas,” bebernya.

Menurut Ahmad ada banyak jenis hacker, seperti white hat hacker, black hat hacker, green hat hacker dan sebagainya sesuai dengan keahlian masing-masing.

Ketua Program Study SMK BPP Bandung, Tiwi Dewanti K mengulas bahwa transformasi digital juga bermanfaat bagi para pelaku UMKM dengan menjalankan usahanya melalui online.

“UMKM harus memanfaatkan marketplace sebagai tempat berjualan dan sosial media sebagai kendaraannya,” kata Tiwi.

Menurut Tiwi para pelaku UMKM sebaiknya melakukan peningkatan dalam pemahaman teknologi digital agar usahanya dapat berkembang.

Narasumber lain, Kepala Seksi Pendidikan Dasar (Disdikbud) Kota Sawahlunto Drs Sumanto menerangkan dalam dunia pendidikan masih banyak masalah yang dihadapi.

“Masih adanya keterbatasan penguasaan teknologi oleh siswa dan guru, akses internet yang terbatas, kurangnya penyediaan anggaran,” katanya.

Key Opinion Leader oleh Adhit, Gitaris Elemen Band menyimpulkan webinar yang sudah disampaikan para narasumber. [*/pkt]

Terpopuler