Wali Kota Genius Umar: Pendidikan Politik Itu Penting! 

Penulis: Isran Bastian

Pariaman, Padangkita.com – Pendidikan politik itu penting untuk meningkatkan pemahaman tentang proses demokrasi. Karena dengan pemahaman yang baik dari tokoh-tokoh masyarakat, diharapkan dapat menciptakan situasi yang kondusif, yang dimulai dari daerah sampai ke pusat.

Demikian disampaikan Wali Kota Pariaman, Genius Umar ketika membuka kegiatan pendidikan politik bagi tokoh masyarakat di Kota Pariaman. Acara ini difasilitasi oleh Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Provinsi Sumatra Barat, bertempat di Hotel Safari Inn, Pantai Kata, Desa Taluak Kecamatan Pariaman Selatan, Minggu (27/3/2022).

“Kegiatan pendidikan politik ini juga menjadi langkah dalam rangka meningkatkan partisipasi politik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, guna mewujudkan tatanan masyarakat madani yang demokratis dan berkeadilan,” ujar Genius.

Genius mengingatkan perlunya upaya yang terus menerus dalam menguatkan nilai-nilai normatif agama dan budaya bangsa, termasuk meningkatkan fungsi dan tanggung jawab semua elemen masyarakat, khususnya tokoh masyarakat, dalam kehidupan demokrasi, dalam upaya mewujudkan cita-cita masyarakat, bangsa dan negara.

“Oleh karena itu, Besar harapan kami dalam kegiatan ini, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik bagi tokoh masyarakat yang mengikuti acara ini, karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan, serta kemampuan untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing,” tukasnya.

Terkait dengan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di tahun 2024 mendatang, Genius menuturkan pendidikan politik ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan hak-hak politik dan kewajiban sebagai warga negara untuk menggunakan hak pilihnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam menggunakan hak-hak politiknya dan berpolitik secara santun dan cerdas, sesuai dengan budaya kita di indonesia, guna menyongsong agenda demokrasi Pilkada serentak dan Pemilu serentak Tahun 2024 nanti,” ungkapnya.

Walikota Pariaman ini juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih, kepada Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat, karena telah memilih Kota Pariaman sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan pendidikan politik ini.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, akan memberikan motivasi dan inspirasi bagi kami untuk mewujudkan kehidupan demokrasi yang lebih baik di Kota Pariaman ini, dan kalau bisa, setiap kegiatan acara Kesbangol Provinsi, dapat dilaksanakan di Kota Pariaman,” tutupnya yang disambut tepuk tangan dari seluruh peserta.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatra Barat, Jefrinal Arifin, mengatakan bahwa acara pendidikan politik bagi tokoh masyarakat di Kota Pariaman ini, diikuti sebanyak 60 orang peserta yang berasal dari tokoh masyarakat yang ada di Kota Pariaman.

“Kegiatan ini merupakan upaya dari Kesbangpol Provinsi Sumatera barat, dalam membangun karakter bangsa, agar  terbentuk kesepahaman bersama terhadap nilai-nilai kebangsaan yang lahir dan tumbuh dalam kehidupan bangsa, dan pendewasaan berdemokrasi melalui pendidikan politik oleh semua komponen masyarakat,” terangnya.

Peraih gelar Doktor di UNP ini juga menjelaskan diadakanya kegiatan Pendidikan Politik ini, untuk dapat mengakomodir beberapa paradigma baru, yang terjadi di masyarakat, dan peran dari tokoh masyarakat itu sendiri, untuk menguatkan tatanan demokrasi di Indonesia,” tutupnya.

Baca Juga: Sertijab 18 Kepala Desa Terpilih, Ini Pesan Wali Kota Pariaman Genius Umar

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, panitia acara dari jajaran Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat, dan para peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat dari Kota Pariaman. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist