Wali Kota Genius Umar Bagikan Beras Untuk Korban Banjir di Pariaman

Penulis: Redaksi

Pariaman, Padangkita.com – Wali Kota Pariaman Genius Umar bergerak cepat mengatasi dampak luapan beberapa sungai di Kota Pariaman akibat hujan deras Senin (23/1/2023) malam.

Genius membagikan bantuan beras kepada masyarakat yang terkena dampak banjir, Selasa (24/1/2023) pagi.

Ia mengungkapkan bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemko Pariaman dan tanggap cepat untuk masyarakat korban banjir.

“Kita mengetahui bahwa Senin malam kemarin, curah hujan di Kota Pariaman sangat tinggi. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya banjir di beberapa titik di Kota Pariaman,” kata Genius.

“Pagi ini kita langsung meninjau warga dan lokasi yang terkena dampak banjir dan memberikan bantuan berupa beras dan mi instan ke beberapa kawasan yang parah, antara lain Desa Desa Cubadak Air, Desa Sikapak Barat, Desa Cimparuah dan Desa Toboh Palabah,” ulasnya.

Sejak dilaporkan oleh Tim Tagana (tanggap siaga bencana), BPBD Kota Pariaman Senin malam bahwa ada beberapa titik di Kota Pariaman rumah warga terendam banjir yang cukup parah, Wali Kota Pariaman bersama rombongan langsung ke lapangan untuk memastikan agar warga tetap dalam kondisi aman dan selalu siaga.

“Tadi malam kita sudah langsung meninjau lokasi banjir dan memastikan warga dalam kondisi aman. Tidak hanya itu, kita juga sudah mendirikan dapur umum yang berlokasi di Halaman Balai Kota Pariaman untuk dibagikan kepada warga terkena banjir,” ujarnya.

Selain melakukan peninjauan lokasi yang dilanda banjir, Genius juga menyempatkan diri melakukan pemeriksaan penyebab terjadinya banjir yang banyak merendam rumah warga.

“Kita masih menunggu info selanjutnya jika masih ada desa atau kelurahan yang parah namun belum mendapatkan bantuan. Kita juga mencari tahu penyebab terjadinya banjir. Apabila penyebabnya ditemukan penyumbatan terhadap drainase, kita langsung bicarakan dengan dinas terkait agar melakukan pembersihan sehingga apabila terjadi hujan dengan curah yang tinggi, warga kita tidak akan terkena dampak lagi,” ujar Genius.

Baca juga: 17 Wisatawan Terjebak dan Menginap di Pulau Angso Duo, Tadi Pagi Berhasil Dievakuasi

Pada kesempatan yang sama, Genius Umar juga mengingatkan kepada seluruh warga agar tetap waspada dan berhati – hati karena melihat kondisi cuaca yang saat ini tidak menentu. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist