Wakil Bupati Dharmasraya Dasril Panin Datuk Labuan Meninggal Dunia

Penulis: Irfan Denas

Pulau Punjung, Padangkita.com – Wakil Bupati (Wabup) Dharmasraya Dasril Panin Datuk Labuan meninggal dunia di Rumah Sakit Achmad Muchtar Bukittinggi, Minggu (13/2/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

“Benar. Jenazah akan dipulangkan dari RS Achmad Muchtar menuju Dharmasraya sore ini,” kata Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinas Kominfo Dharmasraya, Misbah kepada Padangkita.com.

Ia mengatakan, upacara pelepasan jenazah akan dilakukan besok (14/2) di Kantor Bupati Dharmasraya

Sebelumnya, Dasril sempat menjalani perawatan intensif sejak Jumat (11/2). Belum ada informasi lanjut mengenai sakit yang dideritanya.

Dasril menghembuskan nafas terakhir dalam usia 74 tahun. Ia meninggalkan seorang istri dan seorang anak.

Dasril lahir di Sungai Dareh yang ketika itu masih dalam Kabupaten Sawahlunto Sijunjung pada 6 Agustus 1947.

Ia merantau ke Jakarta pada 1968 untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Ia meraih gelar sarjana dari Universitas Indonesia pada 1981.

Ia mengawali karir politiknya sebagai anggota DPR RI selama dua periode (1982-1987 dan 1987-1992) dari daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Selatan.

Pada pemilu 1992, ia maju kembali sebagai calon anggota DPR RI mewakili dapil Sumatera Barat. Meski tidak terpilih, tetapi ia kembali duduk di parlemen dengan status pengganti antar waktu Zulharman Said yang meninggal dunia pada 1993.

Pada dua pemilu berikutnya, ia kembali terpilih dari dapil yang sama. Pada 2020, Dasril maju sebagai calon wakil bupati mendampingi petahana Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Kedua pasangan tersebut berhasil memenangkan pemilihan dengan perolehan 71.590 suara atau 63,62.

Baca Juga : Dharmasraya Umumkan 1 Kasus Probable Varian Omicron

Sutan Riska dan Dasril dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya pada 26 Februari 2021. [den/isr]

Terpopuler

Add New Playlist