Wagub Sumbar Tinjau Kesiapan Mal Jelang “New Normal” di Padang

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan di Kota Padang, sebagai langkah persiapan penerapan konsep “new normal’, Jumat (29/5/2020).

Mal yang dikunjungi Nasrul antara Plasa Andalas di Jalan Pemuda dan Transmart di Jalan Khatib Sulaiman.

Dalam kunjungannya, Nasrul mengatakan, meski Sumbar telah resmi memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Sumbar tetap harus siap memasuki era ‘new normal’, jika PSBB telah berakhir.

Jika memungkinkan, kata Nasrul, pada saat PSBB berakhir, 8 Juni mendatang, seluruh kabupaten/kota telah siap menerapkan “new normal”.

“Rapat kepala daerah kemarin telah menyetujui perpanjangan PSBB tahap tiga, kecuali Bukittinggi. Sedangkan beberapa daerah yang ingin keluar dari PSBB dan masuk era ‘new normal’, belum disetujui sebab ada beberapa syarat yang belum terpenuhi,” kata Nasrul.

Ia mengatakan Kota Bukittinggi yang akan menerapkan “new normal” pada 1 Juni, bisa menjadi salah satu percontohan bagi kabupaten/kota lainnya untuk mempersiapkan diri dalam memasuki “new normal”.

Sebelumnya, Bukittinggi telah merancang aturan-aturan kehidupan masyarakat dalam era “new normal”. Baik itu sektor ekonomi, pendidikan, pariwisata, termasuk aktivitas ibadah.

Salah satu contohnya, pada sektor pariwisata, Bukittinggi hanya menyediakan 80 persen tiket pengunjung dibandingkan waktu normal. Selain itu, setiap pengunjung wajib menggunakan masker dan menerapkan “physical distancing”.

“Untuk itu, kita mulai lakukan sosialisasi ke masyarakat dan pelaku usaha agar mereka melaksanakan protokol kesehatan sebagai syarat utama ‘new normal’,” ucap wagub.

Bupati Pesisir Selatan dua periode ini berharap, agar penerapan konsep “new normal” tersebut dapat menjadi langkah awal bagi masyarakat untuk menjalani kehidupan normal setelah beberapa periode diberlakukannya PSBB.

“Nantinya kita juga lakukan evaluasi. Mudah-mudahan Bukittinggi sukses memasuki ‘new normal’,” harapnya. [mfz]


Baca Berita Sumatra Barat hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist