Wagub Sumbar Nasrul Abit Berangkat ke Mamuju Sulbar, Bawa Bantuan Rp500 Juta dan Rendang

|
Editor: Redaksi

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pemprov Sumbar akan mengirimkan bantuan uang dan rendang ke perantau Minang yang menjadi korban gempa di Kabupaten Mamuju Sulbar

Padang, Padangkita.com– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) akan mengirimkan bantuan uang dan rendang ke perantau Minang yang menjadi korban gempa di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Bantuan tersebut rencananya diantar langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit didampingi pejabat pemerintah daerah Sumbar lainnya.

“Kita telah izin ke Pak Gubernur Sumbar Irwan Prayitno untuk melihat saudara-saudara kita, khususnya warga Minang yang berada di Mamuju. Kita akan datang ke sana. Jadi nanti kita akan membawa bantuan,” ujar Nasrul saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (29/1/2021) kemarin.

Dia menuturkan, pengiriman bantuan tersebut akan dipimpin langsung oleh dirinya. Nasrul rencananya akan didampingi oleh sejumlah pejabat dari Biro Bintal dan Kesra Provinsi Sumbar, Biro Rantau dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemprov Sumbar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumbar, Badan Amil Zakat Nasional, dan sebagainya.

Mereka rencananya berangkat dengan pesawat pada Minggu (31/1/2021) malam, dan sampai di Mamuju pada Senin (1/2/2021).

Nasrul menambahkan, Pemprov Sumbar telah berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp500 juta. Dana tersebut akan dibawa ke Sulbar. Informasi yang diterima, ada 250 Kepala Keluarga (KK). Itu artinya setiap KK dapat Rp2 juta. Selain itu, Pemprov Sumbar juga akan membawa 150 kilogram rendang untuk masyarakat Minang di Mamuju.

Dengan adanya bantuan tersebut, Nasrul berharap sedikit-banyaknya dapat mengurangi beban masyarakat Minang yang terdampak akibat gempa. “Mudah-mudahan kehadiran kita di sana bisa memberikan motivasi kepada masyarakat kita yang trauma akibat gempa,” jelasnya.

Lebih lanjut, Nasrul menambahkan, Pemprov Sumbar akan mengirimkan bantuan ke Sulbar sebanyak dua kali. Pertama, bantuan yang diantar langsung oleh dirinya. Kedua, bantuan yang dikirim oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT). Terkait bantuan oleh ACT, Gubernur Sumbar telah memerintahkan masyarakat dan pengusaha Minang untuk mengumpulkan donasi.

Baca juga: Terdakwa Pembunuhan Berencana di Payakumbuh Dijatuhi Hukuman Mati
“ACT ini akan berangkat pada 10 Februari. ACT ini akan membawa bantuan secara keseluruhan. Kalau kita ini melihat dulu orang-orang Minang yang ada di sana,” terangnya. [pkt]


Baca berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist