Wagub Audy Resmikan Layanan Drive Thru Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

|
Editor: Redaksi

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Program ini bertujuan untuk mempercepat meningkatkan jumlah lansia yang divaksin

Padang, Padangkita.com – Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Audy Joinaldy meresmikan pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi lansia secara drive thru di Stikes Mercu Baktijaya Siteba, Kota Padang, Jumat (27/4/2021).

Pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi lansia ini diinisiasi oleh Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Padang. Program ini bertujuan untuk mempercepat meningkatkan jumlah lansia yang divaksin.

“Program ini sangat bagus, merupakan jemput bola. Tadi bisa kita lihat banyak lansia yang mau vaksin. Ada yang bilang untuk pencegahan biar tidak kena Covid-19. Dukungan masyarakat ini yang dibutuhkan pemerintah,” kata Audy.

Dia mengatakan stok vaksin di gudang Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumbar sudah mulai menipis. Meski demikian, berdasarkan informasi yang diperolehnya, dalam waktu dekat akan ada penambahan dosis vaksin untuk Sumbar dari pemerintah pusat.

“Semoga ini segera terlaksana. Ini bentuk percepatan vaksinasi bagi lansia. Kita juga berterima kasih kepada IMA dan pihak kampus yang ikut membantu percepatan vaksinasi ini,” jelasnya.

Audy menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar akan terus berupaya untuk mempercepat program vaksinasi lansia di Sumbar. Sebelumnya, Pemprov Sumbar juga membuka layanan vaksinasi gratis bagi lansia di Masjid Raya Sumbar. Program tersebut akan terus dimaksimalkan pelaksanaannya..

“Insya Allah akan dilaksanakan lagi ketika jumatan dengan promosi yang lebih gencar. Kita coba Masjid Raya dulu. Karena butuh tenaga yang besar, perlu kerja sama dengan beberapa pihak swasta seperti PT Semen Padang, Perbankan Mandiri, BRI. Hanya saja vaksin kita kurang,” ungkapnya.

Sementara itu, Presiden IMA Chapter Padang Darmawi mengatakan, pihaknya memiliki sekitar 300 anggota, sehingga ingin mengambil peran dalam program vaksinasi Covid-19. Sebelumnya, IMA juga memiliki program penanganan Covid-19 seperti pembagian masker.

“Sekarang ada vaksinasi, kita libatkan member kita. Jadi, kita launching di sini. Ada tiga lokasi yaitu di Rumah Sakit BMC, Semen Padang Hospital, dan Stikes Mercu Baktijaya,” katanya.

Ia mengimbau agar masyarakat bisa melakukan vaksinasi. Vaksinasi dilakukan setiap satu orang nonlansia dengan dua lansia. Targetnya bisa dilakukan dua kali dalam satu minggu.

Baca juga: Polisi Tembak Pencuri Sepeda di Sawahan Padang

“Member IMA juga bisa, kita kan punya karyawan, nanti karyawan juga diminta membawa lansia dua orang dan satu member IMA,” tukasnya. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler