Wabup Agam Trinda Farhan Kemungkinan Terpapar Covid-19 di Pesawat dari Jakarta

Penulis: MF Zikri

Berita Agam terbaru dan berita Sumbar terbaru: Wakil Bupati Agam diduga terpapar Covid-19 di pesawat saat dari Jakarta

Lubuk Basung, Padangkita.com – Calon Bupati Agam, Trinda Farhan Satria dilaporkan positif terjangkit Covid-19, Senin (7/8/2020). Dari keterangan tertulisnya, Trianda mengatakan dirinya berkemungkinan besar terpapar Covid-19 di pesawat sewaktu dalam perjalanan pulang dari Jakarta.

Dia mengakui pada tanggal 1 hingga 3 September 2020 lalu melakukan perjalanan ke daerah zona merah Covid-19 itu.

“Ini perlu dijelaskan, sebelum hari ini, berdasarkan uji swab sebelumnya (sebelum berangkat ke Jakara) yaitu pada Senin (31/8/2020) lalu, sudah keluar hasilnya negatif,” kata Trianda.

Trianda yang juga Wakil Bupati Agam itu menyebutkan, dia menjalani tes swab atau usap pada Jumat (4/9/2020), sebelum melakukan pendaftaran ke KPU Agam. Namun, sebelum hasil swab itu keluar dan dinyatakan terinfeksi Covid-19, dia bersama pasangannya sempat ke Kantor KPU Kabupaten Agam untuk menyerahkan berkas pendaftaran calon kepala daerah, Minggu (6/9/2020).

“Saya baru tadi malam dapat berita bahwa swab saya positif,” ucap dia.

Baca Juga: Ada 4 Klaster Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Agam, Begini Riawayat Kasus Covid-19 Mulai Meluas

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, dia selalu berusaha untuk menaati protokol kesehatan Covid-19. Namun, lanjut dia, dalam kondisi pandemi ini, siapa saja berkemungkinan akan terpapar Covid-19.

“Kita sudah berusaha, terkadang masih bisa terpapar juga, setidaknya kita sudah melakukan antisipasi dan waspada dari kemungkinan terpapar Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Agam, Martias Wanto mengatakan, dari hasil cek kondisi kesehatan, Trianda dinyatakan dalam kondisi cukup baik.

“Alhamdulillah tadi pagi langsung antisipasi segera, cek labor dan Alhamdulillah hasilnya secara umum kesehatan beliau baik-baik saja,” kata Martias.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran, kata Martias, rumah dinas Wakil Bupati dan kantor KPU Agam telah dilakukan penyemprotan disinfektan. Sementara, Trianda akan menjalani isolasi hingga 14 hari ke depan.

Selain itu, Gugus Tugas Covid-19 Agam juga akan terus melakukan tracing dan tracking terhadap siapa saja yang pernah kontak dengan Trinda, termasuk seluruh anggota keluarga. [mfz/pkt]


Baca berita Agam terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com