Visualisasi Cagar Budaya di Kota Padang

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Zulfikar

Dari total keseluruhannya, cagar budaya terbanyak tersebar di Kabupaten Tanah Datar, yaitu sebanyak 68 cagar budaya, dan paling sedikit di Kota Solok. Sementara di Kota Padang terdapat 52 cagar budaya.

Berikut langkah-langkah visualisasi sebaran cagar budaya di Kota Padang menggunakan google maps. Langkah itu mulai dari proses pengambilan data hingga penayangan hasil visualisasi.

Mendapatkan Data

Langkah pertama untuk membuat visualisasi lokasi cagar budaya pada google maps yaitu harus memiliki data lengkapnya terlebih dahulu, yakni nama cagar budaya budaya itu sendiri serta lokasi lengkapnya.

Sebetulnya data tersebut telah tersedia secara terbuka pada situs resmi BPCB Sumbar, http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/. Situs itu menyajikan data cagar budaya di Sumbar beserta lokasinya. Tinggal bagaimana cara memperolehnya.

Tampilan halaman utama situs BPCB Sumbar. [Foto: Ist]
Untuk memperoleh data cagar budaya yang diinginkan, pada tampilan utama situs resmi BPCB seperti yang terlihat pada gambar di atas, arahkan kursor dan klik pada jendela “DATA CAGAR BUDAYA”. Lalu akan tampil beberapa pilihan dan klik pada pilihan “Daftar Cagar Budaya”, berikut tampilannya:

Tampilan jendela “DATA CAGAR BUDAYA”.

Setelah diklik maka akan tampil halaman baru. Pada halaman tersebut scroll ke bawah hingga bertemu daftar pilihan, lalu klik pada “Daftar Cagar Budaya Provinsi Sumatra Barat”, berikut tampilannya:

Tampilan halaman “Daftar Cagar Budaya”.

Setelah diklik akan tampil tabel daftar cagar budaya di Sumatra Barat dalam format PDF, berikut tampilannya:

Tampilan data cagar budaya dalam format PDF.

Data ini dapat diunduh langsung. Namun, untuk pengolahan lebih lanjut, data di atas harus dipindahkan terlebih dahulu ke format excel.

Dalam hal ini ada dua langkah yang dapat dilakukan, yaitu data tersebut di convert dari format PDF ke excel menggunakan aplikasi atau website yang tersedia atau dengan cara memindahkannya secara manual.

Terpopuler

Add New Playlist