Virus Corona Belum Reda, Kini DBD Mulai Serang Warga Kota Solok

Penulis: Zulfikar Efendi

Solok, Padangkita.com – Di tengah Virus Covid-19 yang masih menghantui, kini seorang warga di Kelurahan IX Korong, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok dilaporkan positif Demam Berdarah Dengue (DBD).

Tenaga Pos Kesehatan Kelurahan IX Korong, Nofiarita menyebutkan, seorang warga itu dilaporkan positif DBD beberapa waktu lalu.

Kini, kata Nofiarita, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solok bersama Puskesmas Kampai Tabu Karambia (KTK) mulai menggalakkan fogging di daerah itu.

Namun, kata Nofiarita, fogging bukanlah upaya efektif mengatasi serangan DBD. Langkah yang paling tepat itu harus hidup bersih dan menjaga lingkungan sekitar tetap bersih.

“Serangan DBD diakibatkan masih adanya sisa genangan air hujan di sejumlah tempat yang diduga menjadi media berkembangbiaknya nyamuk yang hidup di air jernih,” ujar Nofiarita dikutip dari situs resmi milik Pemko Solok, Kamis (16/9/2021).

Nofiarita pun juga mengimbau agar warga senantiasa mengaktifkan kegiatan pembersihan sarang nyamuk agar dapat mencegah berkembangnya jentik-jentik nyamuk Aides Aegypti.

Baca juga: Kasus DBD di Padang Menurun Selama Masa Pandemi Covid-19

Fogging merupakan pilihan kita untuk pencegahan demam berdarah, bukan pencegahan penanggulangan. Sebab, yang utama adalah pemberantasan sarang nyamuk dengan 3 M plus, yakni membersihkan, menguras, dan menutup tempat-tempat penampungan air serta mendaur ulang barang-barang bekas dan juga tempat kumuh potensial perindukan nyamuk,” katanya. [*/zfk]

Terpopuler