Vaksinasi untuk Masyarakat Umum di Kota Padang Dimulai di Rawang, Ditarget 5 Ribu Warga Divaksin

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Sebanyak lima ribu warga di Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang menerima vaksinasi Covid-19

Padang, Padangkita.com – Sebanyak lima ribu warga di Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang menerima vaksinasi Covid-19 pada Minggu (28/2/2021). Alasan keberagaman menjadi faktor utama sehingga warga di kawasan ini dipilih menjadi yang pertama disuntik vaksin.

Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, peluncuran vaksinasi perdana bagi masyarakat pada tahap pertama ini diprioritaskan bagi kelompok lanjut usia (lansia). Dia mengeklaim langkah tersebut sebagai bentuk upaya pemerintah mempercepat pandemi Covid-19 selesai.

“Agar jangan ada lagi penyebaran (Covid-19), karena ada sekitar dua bulan observasi nantinya dan tentu yang kami harapkan, bagaimana masyarakat mendukung program pemerintah memutus mata rantai virus Covid-19,” kata Hendri saat ditemui Padangkita.com di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rawang, Kecamatan Padang Selatan.

Dirinya mengungkapkan alasan menjadikan Kelurahan Rawang sebagai lokasi perdana vaksinasi masyarakat lantaran kawasan tersebut disebut beragam dan diklaim sebagai Indonesia mini.

“Rawang adalah Indonesia mini-nya Sumatra Barat (Sumbar), ada beragam etnis di sini seperti Tionghoa, Nias, Melayu, Jawa dan tentunya Minangkabau. Derah ini juga menjadi contoh representasi sebagai kawasan di Kota Padang yang memiliki kesiapan menjalankan program vaksinasi bagi masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Padang, Ferimulyani Hamid mengatakan, pihaknya menyasar lima ribu masyarakat di tiga kelurahan yakni, Rawang, Mata Air dan Teluk Bayur.

“Rencana dalam minggu depan, kami akan lanjutkan lagi ke kawasan Padang Timur dan Pasar Raya, kami targetkan dalam satu minggu bisa tervaksin lima ribu orang,” katanya.

Idealnya, kata Mulyani, pihaknya seharusnya memvaksin tiga hingga empat ribu orang agar target pihaknya bisa tercapai 100 persen. Selain itu, pihaknya telah menerima sebanyak 32.500 dosis tambahan dan ketika habis akan disalurkan lagi.

“Kekebalan imunitas suatu kelompok itu bisa terjadi kalau 70 persen masyarakatnya sudah tervaksin,” katanya.

Terpisah, Lurah Rawang, Andi Amir mengatakan, dari total 12 ribu warganya, terdapat sekitar lima ribu warga yang divaksin. Pada tahap satu, pihaknya memprioritaskan bagi kelompok lansia dan rentan.

“Namun, usia 18 tahun ke atas dan pelayan publik seperti Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) juga menjadi prioritas di samping lansia, karena mereka sebagai pelayan publik dan banyak bersentuhan langsung dengan masyarakat,” katanya.

Andi menargetkan vaksinasi tersebut akan selesai sebelum memasuki bulan Ramadan. Dia mengatakan bahwa pihaknya terus mesosialisasikan terkait program pemerintah.

“Kami juga mempermudah masyarakat menerima vaksin dari rumah sakit ataupun puskesmas,” katanya. [pkt]


Baca berita Padang dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist