Vaksinasi Anggota Polres dan Kodim 0311 Pessel Masih Belum Tuntas, Ini Penyebabnya

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Vaksinasi untuk personel Polres dan Kodim 0311 Pessel masih belum tuntas 100 persen.

Painan, Padangkita.com – Vaksinasi untuk jajaran anggota Polisi Resor (Polres) Pesisir Selatan (Pessel) dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0311 masih belum tuntas seratus persen hingga saat ini, Senin (19/4/2021). Pasalnya, masih ada puluhan orang vaksinasinya ditunda.

Penanggung jawab vaksinasi Puskesmas Salido, Kecamatan IV Jurai, Ema Rosita mengatakan, hingga kini, pihaknya masih mencatat 39 orang personel dari gabungan anggota Polres dan Kodim 0311 Pessel ditunda menjalani vaksinasi.

“Untuk anggota Polres masih ada 20 orang dan anggota Kodim 0311 sebanyak 19 orang. Ini masih kita tunda karena memiliki komorbid,” ujar Rosita di Salido, Senin (19/4/2021).

Komorbid puluhan abdi negara itu, jelas Rosita, meliputi diabetes dan hipertensi. “Tapi lebih banyak dari mereka yang hipertensi,” ungkapnya.

Dari 254 anggota Polres Pesel yang ditargetkan divaksin, jelas Rosita, hanya 234 orang yang divaksin. Lalu, di Kodim masih tersisa 19 orang lagi dari target awal 212 orang.

Meski demikian, tegas Rosiata, vaksinasi akan tetap dilanjutkan kepada mereka setelah kondisi kesehatan pulih atau lulus uji pemeriksaan dari petugas vaksinasi di Puskesmas.

Lebih lanjut dikatakan Rosita, meskipun dibulan Ramdan, giat vaksinasi terus digencarkan. Namun, layanan vaksinasi hanya dibuka hari Senin dan Rabu. Sementara, Selasa dan Kamis adalah jadwal uji swab yang rutin digelar Puskesmas Salido.

Untuk vaksinasi di bulan Ramadan, katanya, juga tetap dilaksanakan siang hari. “Untuk malam hari belum pernah kita gelar, vaksinasi tetap di siang hari,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Pessel, Kadriadi mencatat, hingga kini vaksinasi tahap dua tarmen dua masih ditargetkan untuk masyarakat lanjut usia atau lansia.

Dari 37.222 sasaran lansia, yang sudah berhasil menjalani vaksinasi dosis pertama hanya sebanyak 77 orang. Sementara untuk dosis kedua, hanya 14 orang.

Baca juga: Anggota TNI Kodim 0311 Pessel Jalani Vaksinasi Dosis Kedua, Sasaran Lansia Paling Lambat

“Vaksinasi lansia masih jauh dari target, kita telah berupaya menyosialisasikannya, namun hingga kini tingkat partisipasi masih rendah,” kata Kadriadi. [nik/zfk]


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist