Usai Ritual Kendi Nusantara, Jokowi Blak-blakkan Kapan IKN Selesai 

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Usai melakukan Ritual Kendi Nusantara, Senin (14/3/2022) lalu, kini Presiden Joko Widodo (Jokowi) blak-blakkan kapan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal selesai dibangun.

Diketahui sebelumnya, presiden bersama para gubernur dari 34 provinsi melaksanakan Ritual Kendi Nusantara. Ritual ini berupa proses penyatuan tanah dan air di titik nol IKN Nusantara.

Kini setelah ritual rampung, Presiden Jokowi memperkirakan pembangunan IKN Nusantara akan memakan waktu sekira 15-20 tahun untuk betul-betul bisa selesai. Menurut Presiden membangun IKN Nusantara merupakan “pekerjaan yang raksasa besarnya” dan rumit.

“Oleh sebab itu memang butuh waktu yang panjang antara 15-20 tahun baru bisa diselesaikan,” kata Presiden dalam video terbaru di kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2022)

Presiden berharap proses pembangunan tersebut akan semakin terlihat perkembangannya menyusul pelantikan Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono dan Wakil Kepala Dhony Rahajoe pada Kamis (10/3) lalu.

Menurut Presiden nantinya lembaga tersebut yang akan merancang perencanaan lebih terperinci terkait pembangunan IKN Nusantara, termasuk di dalamnya Detail Engineering Design (DED).

Baca Juga: Ketua MUI Sumbar Sesalkan Mahyeldi Ikut Ritual Kendi, Tak Sesuai ‘ABS-SBK’ dan ‘Syarak Mangato Adat Mamakai’

“Kelembagaan sudah ada, nanti perencanaan yang lebih detil, entah itu DED dan lain-lain juga disiapkan sehingga akan semakin kelihatan nanti. Tapi yang paling penting memang infrastruktur dasar itu harus segera dimulai,” kata Presiden Jokowi. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist