Usai Divaksin, Belasan Warga Alami Kelumpuhan Wajah Sementara

Penulis: Putri

Berita viral terbaru dan berita trending terbaru: Belasan Warga Israel mengalami kelumpuhan wajah sementara setelah melakukan vaksin.

Padangkita.com – Pemberian vaksinasi telah mulai dilakukan oleh Israel beberapa waktu lalu. Namun begitu kabar buruk justru datang  dari negara tersebut.

Menurut kabar, belasan penduduk Israel dinyatakan alami kelumpuhan wajah sementara yang diduga sebagai efek dari vaksin tersebut.

Berdasarkan laporan dari Kementerian Kesehatan Israel, kurang lebih ada 13 penduduk mengalami efek samping usai diberi vaksin.

Mereka mengalami kelumpuhan ringan di wajah selama beberapa saat setelah menerima vaksin Covid-19.

Selain itu Kementerian Kesehatan Israel juga memperkirakan jumlah kasus tersebut lebih dari pada itu. Namun begitu mereka belum bisa memastikan berapa total kasus tersebut.

“Setidaknya selama 28 jam saya berjalan dengan itu (kelumpuhan wajah),” ujar salah satu warga Israel yang mengalami efek samping, seperti dilansir dari The Jerusalem Post, Jumat (15/1/2021).

Selain itu, ia juga mengakatan bahwa dugaan kelumpuhan wajah itu tidak benar-benar hilang dalam kurun waktu tertentu. Kendati demikian, ia hanya merasa sakit di bagian yang disuntik.

“Saya tidak bisa mengatakan itu benar-benar hilang setelah itu, tetapi selain itu saya tidak memiliki rasa sakit lain, kecuali di tempat suntikan,” jelasnya.

Para pejabat kesehatan Israel juga tengah berdiskusi mengenai hal itu. Mereka juga membahas apakah mereka yang mengalami efek samping itu harus mendapat vaksin selanjutnya atau tidak.

Berdasarkan hasil diskusi itu, Kementerian Kesehatan tetap merekomendasikan agar mereka yang mendapat efek samping tetap menerima vaksin kedua.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Unit Penyakit Menular di Sheba Medical Center, Galia Rahav justru memiliki tanggapan berbeda.

Terpopuler

Add New Playlist