Usai Dilantik, KONI Pessel Optimistis Bawa Daerah Masuk 10 Besar Porprov

Penulis: Redaksi

Painan, Padangkita.com – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatra Barat (Sumbar), Agus Suardi melantik pengurus KONI Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) periode 2021-2025, Kamis (23/12/2021).

Pelantikan pengurus KONI Pessel dengan ketua Toni Mardianto di PCC itu, disaksikan Wakil Bupati Pessel, Rudi Harinsyah. Dalam pelantikan itu sekaligu dilakukan penyerahan pataka dan penandatanganan berita acara.

Ketua KONI Sumbar Agus Suardi mengatakan, KONI daerah merupakan perpanjangan tangan pemerintah daerah yang diatur dalam Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) Pasal 122 serta diperkuat PP Nomor 16 tahun 2007. Untuk itu jangan ada visi misi pribadi yang dijalankan dalam tubuh organisasi, tapi menjalankan visi pemerintah.

“Wewenang pemerintah daerah jelas bisa saja membatalkan SK kepengurusan ataupun membatalkan pemberian bantuan apabila ada masalah. Untuk itu bangunlah komunikasi dengan baik,” ujar Agus Suardi.

Ia berharap, KONI Pessel mampu membawa perubahan dan meraih prestasi bagi daerah serta mencetak atlet andal untuk Sumbar serta yang paling penting memiliki komunikasi yang bagus dengan pemerintah.

“Kepada kepengurusan yang baru saat ini berikan juga kontribusi terbaik untuk KONI demi sebuah tujuan yang mulia,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Pessel Rudi Hariansyah menyatakan tanggung jawab yang diemban ke depan semakin berat, sehingga butuh semangat berlipat dalam membangun olahraga Pessel.

Ia menambahkan, yang menentukan maju mundurnya olahraga di ‘Negeri Berjuluk Sejuta Pesona’ ini adalah pengurus KONI.

“Jadi kepada seluruh pengurus yang telah dilantik oleh Ketua KONI Sumbar agar segera bekerja dan melaksanakan program kerja yang telah disusun sehingga dapat dilaksanakan dengan baik hingga mencapai sasaran yang tepat,” ujarnya.

Lebih jauh ia meminta seluruh pengurus mengaplikasikan sebuah bentuk pembinaan olahraga yang berkelanjutan yang dimulai dari usia dini dan peningkatan prestasi dari olahraga itu sendiri.

“Tolok ukurnya adalah pelaksanaan Porprov. Barometernya peningkatan prestasi dari setiap cabang olahraga prestasi di Pessel. Target kita tiga besar bukan suatu hal yang mustahil kita dapatkan, dengan melakukan pembinaan dan peningkatan prestasi atlet yang ada di Pessel,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Pessel, Toni Mardianto mengatakan, pengurus KONI Pessel memang baru bisa secara resmi dilantik dan dikukuhkan.

Namun, lanjut dia, tugas dan tanggung jawab pembinaan olahraga prestasi yang diamanahkan oleh Musorkab 2021 sudah dilaksanakan sejak diterbitkannya surat keputusan Ketua Umum KONI Sumbar tentang kepengurusan KONI Kabupaten Pessel.

Ia pun optimis meraih target 10 besar pada Porprov tahun depan, dengan catatan melakukan pembinaan kepada atlet secara kontinu.

Baca juga: Kasus Dugaan Korupsi KONI Padang Naik ke Penyidikan, Kerugian Negara Capai Rp2,1 Miliar

“Kami optimis meraih target 10 besar pada Porprov tahun depan,” ujar Toni Mardianto. [amn/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist