UNP Lahirkan Guru Besar Ilmu Lingkungan Pertama di Sumbar

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Universitas Negeri Padang (UNP) kini memiliki guru besar baru di bidang ilmu lingkungan, yakni Indang Dewata dari Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNP.

Penetapan Indang Dewata sebagai guru besar ditandai dengan Surat Keputusan Pengangkatan Jabatan Fungsional yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Oktober 2021.

Rektor UNP Ganefri mengatakan, penetapan Indang Dewata sebagai guru besar dapat menjadi momentum bagi para dosen di lingkungan UNP untuk meningkatkan kualifikasi, terutama dalam masa transisi dari perguruan tinggi negeri Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Berbadan Hukum (PTN-BH).

“Semoga dengan capaian akademik tertinggi (tersebut) bisa meningkatkan kinerjanya dan juga menambah semangat atau memotivasi calon-calon guru besar lainnya,” kata Ganefri, Jumat (29/10/2021)

Dilansir dari situs UNP, Indang Dewata tercatat sebagai guru besar pertama di bidang ilmu lingkungan di Sumbar. Ia lahir di Nagari Canduang Koto Laweh, Kabupaten Agam, 18 November 1965.

Alumni SMA Negeri Ampek Angkek ini meraih gelar S-1 Kimia di Universitas Andalas (Unand) pada 1984 dan gelar S-2 Ilmu Lingkungan di Universitas Indonesia pada 1992. Selanjutnya, ia meraih gelar Doktor Ilmu Lingkungan di UI pada 2009.

Semula, ia menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan jabatan dosen di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Jambi (UNJA) dan pindah menjadi dosen UNP sejak tahun 1997.

Setelah itu, ia malang-melintang dalam dunia birokrasi di Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Ia tercatat pernah menjadi Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Padang dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang.

Baca juga: UNP Dies Natalis ke-67, Gubernur Mahyeldi Yakin Segera Jadi Kampus Bertaraf Internasional

Saat ini, ia sedang mengurus beberapa lembaga pendidikan anak berkebutuhan khusus SLB Autis Bima yang didirikannya. [den/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist