Unggul Tipis dari Petahana, Hamsuardi-Risnawanto Umumkan Kemenangan di Pilkada Pasbar

Penulis: Ahmad Romi

Update perolehan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatra Barat (Sumbar) tahun 2020: Hamsuardi-Risnawanto kalahkan petahana.

Simpang Empat, Padangkita.com – Pasangan nomor urut 1, Hamsuardi-Risnawanto atau Ham-Ris mengeklaim unggul pada Pilkada Pasaman Barat (Pasbar). Ini berdasarkan penghitungan cepat yang dilakukan tim internal Ham-Ris.

Menurut pasangan yang bermoto “Santun Berpengalaman” ini, mereka berhasil meraup suara sebesar 56.304 suara atau 31,08 persen dari total 262.654 suara yang tersebar di 11 kecamatan se-Kabupaten Pasbar.

Hasil sementara itu disampaikan Hamsuardi dan Risnawanto dengan pengurus partai pengusungnya di hadapan ratusan pendukung, simpatisan, dan relawan, di Kompleks Taman Lathifa, Jalur 32, Simpang Empat, Kecamatan Pasaman, Rabu (9/12/2020) malam.

Berdasarkan hasil penghitungan cepat ini, Ham-Ris unggul dari pesaingnya, paslon nomor urut 4 Yulianto-Syafrial (petahana) yang memperoleh 52.193 suara atau sebesar 28,81 persen dari total pemilih.

Kemudian disusul nomor urut 3, Erick Hariyona-Syawal dengan 25.960 suara atau 14,33 persen. Berikutnya, urutan ke empat diduduki oleh paslon nomor urut 5 dari pasangan perseorangan, Agus Susanto-Rommy Candra dengan perolehan 24.498 suara atau 13,52 persen dari jumlah pemilih.

Sedangkan di urutan terakhir, ditempati oleh paslon nomor urut 2, yaitu paslon yang diusung Partai Gerindra dan PKB, Maryanto-Yulisman dengan 19.516 suara atau 10,77 persen.

Total suara sah yang masuk sebesar 181.187 suara dan terdapat suara tidak sah sebesar 2.716 suara.

Namun demikian, tim pemenangan Ham-Ris mengatakan, klaim mereka baru sebatas penghitungan sementara internal saja. Untuk kepastiannya mereka juga masih menunggu hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Hasil resminya kita tunggu pleno dari KPU Pasbar,” kata Fajri Yustian selaku Ketua Tim Pemenangan Ham-Ris.

Hamsuardi dan Risnawanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua yang mendukung mereka. “Kemenangan ini bukanlah kemenangan pribadi, tetapi adalah kemenangan rakyat Pasaman Barat untuk masa depan yang lebih baik,” ucap Hamsuardi dihadapan para pendukungnya.

Selain itu, dirinya juga memohon doa agar mereka selalu kompak dari awal hingga akhir masa jabatannya nanti apabila telah ditetapkan untuk memimpin Pasbar.

“Bantu kami untuk merealisasikan visi dan misi untuk mewujudkan Pasaman Barat yang sejahtera,” harapnya.

Risnawanto meminta semua tim agar bersabar dan menahan diri menunggu hasil resmi KPU sambil mengawal suara di kecamatan. Pasalnya, pasangan ini hanya memiliki selisih suara dengan paslon nomor urut 4 sekitar 2,27 persen.

“Dalam euforia kemenangan ini jangan sampai berlebihan. Mari kita sabar dan santun hingga dari awal kepempinan hingga berakhir nanti,” ajaknya.

Baca juga: Pilkada Tanah Datar, Eka Putra-Richi Aprian Menang di TPS Petahana Mencoblos

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada partai pengusung yaitu, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan semua kader serta simpatisan. [pkt]


Baca berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler