Unand telah PTNBH, Rektor Yuliandri Minta RS Unand Jadi Unit Usaha yang Mandiri

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Rektor Universitas Andalas (Unand) Prof. Yuliandri mengharapkan Rumah Sakit (RS) Unand benar-benar menjadi unit usaha yang mandiri.

Harapan itu, kata Yuliandri, sejalan dengan tuntutan peralihan status Unand menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) pada tahun 2021.

Meski begitu, ia juga mengingatkan tentang peranan RS Unand.

“RS Unand sebagai rumah sakit pendidikan, harus menjalankan tiga pilar utama yaitu pelayanan, pendidikan, dan penelitian,” ujar Prof. Yuliandri, dalam sambutannya ketika membuka rapat kerja pengembangan RS Unand 5 tahun ke depan, di Hotel Balcone, Bukittinggi, Sabtu (3/9/2022).

Rapat kerja ini sendiri diadakan untuk menyusun Rencana Strategis (Renstra) RS Unand tahun 2023-2027.

Dalam kesempatan itu hadir para wakil rektor, dewan pengawas, direktur dan pimpinan, jajaran direksi dan pimpinan RS Unand.

Kegiatan rapat kerja ini sendiri akan dilaksanakan hingga hari ini, Minggu (4/9/2022) dengan agenda lanjutan pembahasan Renstra tahun 2023-2027 dan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) tahun 2023.

RS Unand yang berada di kawasan kampus Unand Limau Manis, Kota Padang sebelumnya memang diharapkan mampu menjadi RS yang unggul. Wali Amanat Unand, bahkan berharap RS Unand jadi rumah sakit internasional.

Sebab, selain fasilitas yang baru dan modern, rumah sakit ini didukung penuh oleh Fakultas Kedokteran Unand.

Pelayanan kesehatan yang ada di RS Unand juga terbilang lengkap. Mengutip situs resminya, RS Unand melayani pasien umum dan pasien BPJS Kesehatan.

RS Unand punya IGD dan pelayanan obsteri neonatal emergensi komprehensif (PONEK) 24 Jam. Untuk pelayanan rawat jalan, di RS Unand ada Poli Umum, Poli Gigi dan Bedah, Poli Spesialis.

Khusus spesialis meliputi Spesialis Bedah, Spesialis Orthopedi, Spesialis Kandungan, Spesialis Anak, Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis THT, Spesialis Mata, Spesialis Saraf, Spesialis Paru, Spesialis Radioterapi, Spesialis Jantung, Spesialis Penyakit, Spesialis Forensik dan Medikolegal

Selanjutnya, untuk Pelayanan Rawat Inap, RS Unand punya Rawat Inap VIP, Rawat Inap Kelas I, Rawat Inap Kelas II, Rawat Inap Kelas III, HCU, ICU, PICU dan NICU.

Baca juga: Ketua Majelis Wali Amanat Ingin RS Unand Jadi Rumah Sakit Internasional

Tak itu saja, RS Unand juga punya Pelayanan Penunjang, yakni: Laboratorium 24 Jam, Radiologi 24 Jam, Farmasi 24 Jam, Fisioterapi, Kemoterapi, Radioterapi, MIS dan Cathlab. [*/pkt]

 

 *) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist